10 Manfaat Jagung untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

Iwan Ceper - Kesehatan
Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Cakaplagi.com – Siapa bilang jagung tidak memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini 10 manfaat jagung untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Jagung merupakan tanaman yang telah menjadi pilar dalam berbagai budaya makanan di seluruh dunia, tidak hanya memberikan cita rasa lezat dalam berbagai hidangan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang penting.

Berikut adalah beberapa manfaat jagung yang bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan Anda:

1. Sumber Serat yang Kaya

Jagung mengandung serat pangan yang penting untuk menjaga pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga berat badan yang seimbang, dan mengatur kadar gula darah. Dengan mengonsumsi jagung, Anda dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan Anda.

2. Penuh dengan Antioksidan

Jagung mengandung sejumlah antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan sinar ultraviolet.

3. Sumber Energi yang Baik

Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Ini menjadikannya makanan yang ideal untuk memberi Anda tenaga sepanjang hari tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis.

4. Kandungan Vitamin dan Mineral

Jagung mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin B kompleks, seperti tiamin dan folat, yang penting untuk metabolisme dan pertumbuhan sel. Selain itu, jagung juga mengandung magnesium dan fosfor, yang berperan dalam kesehatan tulang dan fungsi saraf.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Serat dalam jagung dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam jagung membantu dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi jagung secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan bercahaya.

7. Menyediakan Asam Folat

Jagung merupakan sumber asam folat yang baik. Asam folat sangat penting terutama bagi wanita hamil, karena membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang.

8. Pilihan Makanan Rendah Kalori

Jagung dapat dimasukkan ke dalam berbagai rencana makan, baik sebagai makanan pokok atau camilan sehat. Ini dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan mengontrol kalori yang Anda konsumsi.

9. Sumber Fitonutrien

Fitonutrien adalah senyawa alami dalam makanan tanaman yang memiliki potensi kesehatan. Jagung mengandung beberapa fitonutrien, seperti asam fenolat, yang telah dikaitkan dengan manfaat anti-inflamasi dan perlindungan terhadap penyakit kronis.

10. Gluten-Free

Bagi mereka yang menghindari gluten dalam diet mereka, jagung merupakan pilihan yang baik karena bebas gluten. Ini bisa menjadi alternatif yang sehat untuk roti dan produk tepung lainnya.

Dalam rangka mendapatkan manfaat penuh dari jagung, pastikan untuk memasukkannya dalam diet seimbang Anda.

Baik dimasak segar atau diolah menjadi berbagai hidangan, jagung adalah tambahan yang bernutrisi dan lezat untuk menjaga kesehatan Anda.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook