3 Pria Saksikan Momen Telanjang Body Checking Miss Universe 2023

Iwan Ceper - Headline
Body Checking Miss Universe

Cakaplagi.com – Kabar terbaru dari skandal kasus yang menimpa finalis Miss Universe Indonesia saat melakukan body checking dan di foto dalam kondisi telanjang.

Saat proses body checking terdapat 3 orang pria yang turun menyaksikan “momen telanjang” finalis MUID 2023. Hal ini disampaikan pengacara finalis MUID 2023.

Pengacara korban, Mellisa Anggraini menyebut bahwa tiga pria itu memang pihak dari penyelenggara acara Miss Universe Indonesia 2023.

“(Korban) tahu (siapa sosok tiga pria tersebut). Mereka orang-orang yang terlibat dalam perhelatan Miss Universe,” kata Mellisa mengutio detikcom, Sabtu (12/8/2023).

Selanjutnya, Mellisa meminta polisi mengusut tiga pria itu. Diketahui saat itu juga ada satu saksi lainnya yakni seorang wanita.

“Itu yang kita minta polisi dalami, siapa saja mereka. Yang jelas mereka bukanlah orang-orang yang berkepentingan,” katanya.

Sebelumnya, polisi mengungkap momen finalis Miss Universe Indonesia 2023 melakukan body checking dan difoto tanpa busana. Polisi mengatakan hal tersebut dilakukan bukan oleh ahli, melainkan orang yang tidak berkapasitas.

“Tempatnya juga sedikit terbuka, kemudian juga para korban ini merasa dipaksa untuk melepas bajunya kemudian difoto dan sebagainya. Bukan oleh ahli medis melainkan orang-orang yang berkapasitas,” kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi.

Selain itu, lanjut Hengki, proses tersebut disaksikan oleh 3 orang pria dan saksi lain yang ada di lokasi.

“Menurut keterangan pelapor, di sana ada 3 orang laki-laki, kemudian juga ada satu orang wanita sekitar beberapa saksi yang lain,” ujarnya.

Mereka pun melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. Laporan dugaan pelecehan tersebut sudah teregister dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Terlapor dalam hal ini adalah PT Capella Swastika Karya.

Korban melaporkan atas Pasal 4, 5, dan 6 Undang-Undang TPKS. Mereka juga menyertakan Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-undang TPKS. Mellisa mengatakan pelecehan seksual terjadi pada 1 Agustus lalu.

Ketika Finalis Miss Universe Indonesia Berani Bicara Pelecehan

Mellisa Anggraini mengatakan 30 peserta Miss Universe Indonesia 2023 diduga mengalami pelecehan seksual saat pemeriksaan tubuh (body checking).

Dia menyebut awalnya ada tiga orang yang bicara, kemudian satu per satu ikut bersuara untuk memperjuangkan masalah ini.

“Mereka, kan, memang agak khawatir. Inilah rata-rata yang dirasakan oleh korban pelecehan, mereka takut adanya victim blaming, mereka takut adanya judging, mereka takut adanya tekanan atau intimidasi,” ujar Mellisa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 10 Agustus 2023.

Mellisa menerima kuasa sebagai pengacara dari delapan orang. Korban pun telah melaporkan perkara ini ke Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pengacara itu mengatakan para finalis diajarkan oeh para pelatihnya untuk melawan kekerasan seksual. Pembelajaran itu diberikan selama proses karantina peserta.

“Jadi jangan sampai ketika itu mereka yang mengalami tidak berani speak up,” tutur Mellisa Anggraini.

Pelecehan seksual diduga terjadi di sebuah bilik ballroom Sari Pacific Hotel, Jakarta, pada 1 Agustus 2023, atau dua hari sebelum grand final.

Dari bilik dilakukan pemeriksaan tubuh yang dianggap sembrono karena tidak tertutup dan tidak menghormati privasi finalis.

Lalu seorang COO (Chief Operating Officer) acara diduga memotret tubuh finalis tanpa busana menggunakan ponsel. Para peserta mengatakan agenda itu dadakan dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

“Mereka tahunya semuanya fitting (pencocokan pakaian),” kata Mellisa di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Atas kejadian itu, finalis ada yang tak kuasa menangis atas perlakuan yang didapatkan. Lalu korban pun mulai berani bicara di hadapan publik melalui berbagai media massa atau podcast artis.

National Director and Owner Miss Universe Indonesia Poppy Capella angkat bicara soal isu yang menerpa dalam kontes kecantikan ini. Menurutnya pemberitaan selama ini di media massa menjadi perhatian pihaknya.

“Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami, yang mana kami mengetahui hal tersebut dari media massa,” tutur Poppy dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Instagram @missuniverse_id.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook