6 Cara Mudah Membuat Terrarium sebagai Dekorasi Rumah yang Menarik

Iwan Ceper - Inspirasi
Cara Mudah Membuat Terrarium

Cakaplagi.com, 6 Agustus 2023 – Ini 6 cara mudah membuat terrarium sebegai dekorasi rumah yang menarik patut Anda coba. Simak selengkapnya disini.

Rumah yang indah dan nyaman adalah impian setiap orang. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di rumah adalah dengan menggunakan dekorasi yang unik dan menarik.

Salah satu tren dekorasi rumah yang sedang populer saat ini adalah terrarium. Terrarium adalah miniatur taman yang ditanam di dalam wadah kaca atau transparan lainnya.

Selain memberikan keindahan estetika, terrarium juga dapat membantu menciptakan suasana yang lebih segar dan menyegarkan udara di dalam ruangan.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat terrarium sebagai dekorasi rumah Anda sendiri agar menarik pandangan mata:

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sebelum memulai proses pembuatan vivarium. Beberapa bahan yang Anda perlukan termasuk:

  • Wadah kaca atau transparan lainnya
  • Kerikil atau batu kecil sebagai lapisan dasar untuk drainase
  • Arang aktif untuk menjaga kebersihan dan mencegah bau tidak sedap
  • Tanah atau campuran media tanam yang cocok untuk tanaman vivarium
  • Berbagai jenis tanaman kecil yang cocok untuk tumbuh di lingkungan yang lembab
  • Dekorasi tambahan seperti batu-batuan kecil, patung miniatur, atau benda-benda dekoratif lainnya
  • Alat bantu seperti sendok kecil, penyiram, dan sikat kecil untuk membersihkan wadah

2. Susun Lapisan Dasar

Langkah pertama adalah menambahkan lapisan dasar berupa kerikil atau batu kecil di dasar wadah Anda. Lapisan ini berfungsi sebagai drainase untuk mencegah tergenangnya air dan akar tanaman yang membusuk.

3. Tambahkan Arang Aktif

Setelah lapisan kerikil, tambahkan arang aktif ke dalam wadah. Arang aktif akan membantu menjaga kebersihan terrarium dengan menyerap bau tak sedap dan mencegah pertumbuhan bakteri berlebih.

4. Tambahkan Media Tanam dan Tanaman

Selanjutnya, tambahkan tanah atau campuran media tanam yang sesuai untuk tanaman vivarium Anda. Pilih tanaman kecil yang cocok untuk tumbuh di lingkungan yang lembab dan minim perawatan, seperti sukulen, kaktus mini, atau fern kecil. Susun tanaman dengan menyesuaikan tinggi dan bentuknya agar terlihat seimbang dan menarik.

5. Hias dengan Dekorasi Tambahan

Untuk memberikan sentuhan pribadi pada terrarium Anda, tambahkan beberapa dekorasi tambahan seperti batu-batuan kecil, patung miniatur, atau benda-benda dekoratif lainnya. Jangan lupa untuk menyusunnya dengan cermat agar tampilan terrarium semakin menarik.

6. Perawatan dan Penempatan

Setelah semua tahap selesai, periksa kembali vivarium Anda dan pastikan semua elemen tertata dengan baik. Tempatkan terrarium di lokasi yang mendapat cukup cahaya, tetapi hindari sinar matahari langsung yang bisa membuat terrarium terlalu panas. Airi tanaman secara teratur, tetapi jangan terlalu banyak sehingga tidak menggenang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan terrarium yang indah dan unik sebagai dekorasi rumah Anda.

Terrarium tidak hanya akan menambah keindahan estetika ruangan, tetapi juga akan memberikan suasana yang lebih segar dan menyegarkan bagi Anda dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga rumah Anda semakin cantik dengan kehadiran terrarium yang menarik!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook