Apa Itu Escobar Indonesia? Operasi Penangkapan Fredy Pratama

Sulistiyono - Headline
Escobar Indonesia Gembong Narkoba Fredy Pratama

Cakaplagi.com – Escobar Indonesia merupakan nama operasi bertujuan untuk melakukan penangkapan terhadap gembong narkoba bernama Fredy Pratama.

Otoritas penegak hukum Indonesia mengeluarkan intruksi bernama operasi “Escobar” untuk menangkap satu orang gembong narkoba asal Banjarmasin.

Polisi telah berhasil menggagalkan sindikat narkoba jaringan Fredy Pratama dalam sebuah operasi penangkapan besar-besaran yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Fredy Pratama, yang telah lama menjadi buronan Polri sampai sekarang belum diketahui keberadaannya. Maka munculah operasi Escobar.

Nama operasi Escobar Indonesia, mengambil inspirasi dari nama Pablo Escobar, seorang gembong narkoba terkenal asal Kolombia. Mereka dikenal karena memiliki jaringan yang luas dan kuat.

Misi dari operasi ini dengan target Fredy Pratama, yang merupakan salah satu tersangka utama dalam kejahatan peredaran narkoba di negara Indonesia.

Fredy Pratama Escobar Indonesia

Indonesia juga punya Escobar. Nama gembong narkoba asal Kolombia itu dijulukkan kepada seseorang bernama Fredy Pratama asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Bareskrim Polri menyatakan Fredy Pratama merupakan salah satu sindikat penyalur narkoba terbesar di Indonesia sejak tahun 2009 yang lalu hingga sekarang.

Belakangan Bareskrim Polri berhasil membongkar operasi jaringan narkoba yang dikendalikan Fredy Pratama. Polri telah memburu jaringan ini sejak 2020 sampai 2023.

Selama periode tersebut, Polri mengamankan ratusan tersangka dan menyita barang bukti sebanyak 10,2 ton sabu dari tahun 2020-2023.

“Total ada 408 laporan polisi yang diungkap dengan jumlah tersangka sebanyak 884 orang. Sedangkan 39 tersangka yang ditangkap dalam operasi Escobar dimulai dari periode Mei 2023,” kata Kepala Bareskrim Polri, Komjenpol Wahyu Widada di Mabes Polri.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook