Apa Itu eSIM Telkomsel? Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Sulistiyono - Teknologi
eSIM Telkomsel

Cakaplagi.comTelkomsel baru saja menghadirkan solusi inovatif bagi pelanggannya dengan meluncurkan eSIM.

eSIM merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan layanan seluler tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik.

Apa itu eSIM Telkomsel?

eSIM Telkomsel adalah sebuah chip digital yang tertanam di dalam perangkat smartphone atau tablet. Chip ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan layanan seluler Telkomsel tanpa perlu memasukkan kartu SIM fisik. eSIM Telkomsel dapat digunakan untuk berbagai macam layanan, seperti:

  • Telepon dan SMS
  • Data internet
  • Roaming internasional

Keuntungan menggunakan eSIM Telkomsel:

  • Lebih praktis: Tidak perlu lagi repot-repot memasukkan kartu SIM fisik.
  • Lebih aman: eSIM tidak dapat dicuri atau dipalsukan.
  • Lebih hemat: Pengguna dapat memiliki beberapa eSIM dalam satu perangkat, sehingga dapat beralih dengan mudah antara paket data yang berbeda.

Cara Daftar eSIM Telkomsel

Pembelian eSIM dilakukan secara langsung ke website resmi. Seperti pendaftaran kartu fisik, syarat pendaftarannya adalah Kartu Keluarga dan e-KTP. Satu KK dapat digunakan untuk mendaftarkan maksimal tiga eSIM.

Cara untuk mengaktifkan eSIM di Android:

– Pilih “Pengaturan”, lalu “Koneksi”, “Manajer Kartu SIM”, “Masukkan Paket Seluler”, “Pindai

– QR Code”, dan “Klik “Tambahkan” untuk mengkonfirmasi. Registrasikan eSIM Anda, lalu klik “Oke” untuk aktivasi.

Cara mengaktifkan eSIM di iOS:

– Pilih “Pengaturan”, lalu “Seluler”. Pilih “Tambah Paket Seluler”, lalu “Gunakan QR Code”. Pindai QR Code. Klik “Tambah Paket Seluler” untuk mengkonfirmasi. Pilih koneksi yang akan digunakan.

Perangkat yang Mendukung eSIM

Walaupun Telkomsel bisa digunakan untuk semua perangkat ponsel di Indonesia, tetapi saat ini untuk penggunaan eSIM ini sendiri masih terbatas pada perangkat: Apple, Samsung, Huawei, Motorola, OPPO, Microsoft Surface, Pixel, Sharp, Sony, Xiaomi, Rakuten, Honor, dan Nokia mendukung eSIM.

Bagi pengguna yang memakai perangkat selain yang disebutkan bisa menunggu update layanan eSIM untuk jumlah yang lebih luas.

eSIM Telkomsel tidak dapat digunakan di lebih dari satu perangkat. Kode QR nomor yang telah dipindai dan diinstal pada satu perangkat tidak dapat dipindai lagi di perangkat lain.

Pelanggan hanya dapat memindai QR Code sekali. Setelah eSIM aktif, QR Code tidak dapat digunakan di perangkat lain.

Jika pelanggan ingin menggunakan QR Code di perangkat lain, menghapus eSIM pada perangkat pertama harus dilakukan terlebih dahulu.

Jika terjadi gangguan hotspot setelah pemasangan eSIM pada iPhone, pengguna bisa melakukan pengaturan manual dengan cara:

Pilih menu “Pengaturan”, pilih “Selular” dan pilih “Secondary/SIM kedua”. Kemudian, pilih “Jaringan Data Seluler” dan isi kolom “APN” dan “Nama pengguna” dengan Tsel.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook