Biodata Muhaimin Iskandar, Cawapres Pendamping Anies Baswedan

Sulistiyono - Politik
Biodata Muhaimin Iskandar

Cakaplagi.com – Inilah biodata Muhaimin Iskandar, cawapres pendamping Anies Baswedan yang belakangan mendadak jadi topik perbincangan hangat di media sosial.

Nama Muhaimin Iskandar menjadi topik perbincangan karena Komisi Pemberantasaan Korupsi (KPK) akan memanggilnya untuk menggali keterangan.

Tak ayal biodata Muhaimin Iskandar, cawapres pendamping Anies Baswedan ini lantas banyak dicari-cari para pengguna internet di tanah air.

Abdul Muhaimin Iskandar, yang lebih dikenal dengan nama Gus Muhaimin atau Cak Imin, adalah seorang politisi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Ia juga merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 2005. Gus Muhaimin lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 24 September 1966.

Ia menempuh pendidikan dasar dan menengah di Jombang dan Yogyakarta. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lulus pada tahun 1991.

Gus Muhaimin aktif di organisasi mahasiswa selama masa kuliahnya. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Yogyakarta pada tahun 1994-1997. Setelah lulus dari UGM, ia bekerja sebagai staf pengajar di Pondok Pesantren Denanyar, Jombang.

Gus Muhaimin terjun ke dunia politik pada tahun 1999 dengan menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PKB. Ia kemudian terpilih sebagai Ketua Fraksi PKB DPR RI pada tahun 2004.

Pada tahun 2005, ia terpilih sebagai Ketua Umum PKB menggantikan Abdurrahman Wahid. Gus Muhaimin pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014).

Ia juga pernah menjadi Ketua Majelis Syuro PKB pada tahun 2015-2020. Pada Pemilihan Presiden Indonesia 2024, Gus Muhaimin diusung oleh PKB sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

Gus Muhaimin adalah seorang politisi yang dikenal dengan gayanya yang santun dan ramah. Ia juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan rakyat. Ia aktif berkeliling Indonesia untuk menemui dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

Gus Muhaimin adalah seorang pemimpin yang berpengalaman dan memiliki visi yang jelas untuk Indonesia. Ia bertekad untuk membawa Indonesia menjadi negara yang lebih adil, makmur, dan bermartabat.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook