Cara Daftar Google News, Pemula Wajib Tahu!

Rofiki - News
Cara Daftar Google News

Cakaplagi.com – Sudah tahu bagaimana cara daftar Google News? Berikut ini panduan lengkap tentang cara daftar Google News untuk situs web baru.

Google News merupakan platform agregator berita yang dibuat oleh Google dengan tujuan untuk membantu konten Anda ditemukan oleh audiens yang lebih luas.

Jika Anda ingin memperluas jangkauan konten berita Anda dan mendapatkan lebih banyak pembaca, maka solusinya adalah dengan cara mendaftar situs web di Google News.

Nah, bagi Anda yang masuk pemula, berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mendaftar di Google News:

1. Siapkan Situs Berita Anda

Pastikan situs web berita Anda memiliki struktur yang baik dan konten yang relevan. Google News memiliki persyaratan ketat terkait dengan kualitas konten, keaslian, dan kelengkapan situs. Pastikan konten Anda orisinal, faktual, dan berkualitas tinggi.

2. Periksa Kepatuhan Teknis

Pastikan bahwa situs Anda memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Google News. Ini termasuk memiliki URL tetap, struktur URL yang jelas, dan halaman arsip yang berfungsi dengan baik.

3. Buat Halaman Kontak dan Tentang Kami

Situs Anda harus memiliki halaman “Kontak” dan “Tentang Kami” yang jelas dan akurat. Ini membantu memverifikasi identitas dan kredibilitas situs Anda.

Cara Mendaftar Google AdSense untuk Pemula

4. Tetapkan Rubrik Berita yang Jelas

Kategorikan konten berita Anda dengan jelas. Ini membantu Google News memahami dan mengindeks berita Anda dengan benar. Gunakan tag atau label yang sesuai untuk setiap artikel.

5. Buat Peta Situs (Sitemap)

Buat dan daftarkan peta situs XML pada Google Search Console. Ini membantu mesin telusur Google mengindeks konten berita Anda dengan lebih baik.

6. Mendaftar di Google News Publisher Center

Kunjungi Google News Publisher Center di https://publishercenter.google.com/ dan masuk menggunakan akun Google Anda.

7. Verifikasi Kepemilikan Situs

Ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi kepemilikan situs Anda. Google akan memberikan instruksi tentang cara melakukan verifikasi melalui Google Search Console.

8. Ajukan Situs Anda untuk Ulasan

Setelah situs Anda terverifikasi, Anda dapat mengajukan situs Anda untuk ditinjau oleh tim Google News. Proses ini dapat memakan waktu beberapa waktu, jadi bersabarlah.

9. Tunggu Konfirmasi

Google News akan mengirimkan email konfirmasi setelah situs Anda diterima atau ditolak. Jika diterima, situs Anda akan mulai muncul dalam hasil pencarian Google News.

10. Kelola dan Pemeliharaan Konten

Setelah diterima, pastikan untuk terus memelihara kualitas konten Anda. Hindari pelanggaran pedoman Google News untuk menghindari penangguhan atau pencabutan akses.

Mendaftar di Google News dapat membantu meningkatkan eksposur konten berita Anda secara signifikan.

Ingatlah bahwa Google memiliki pedoman ketat, jadi pastikan untuk mematuhi semua persyaratan dan menjaga kualitas konten Anda.

Dengan kesabaran dan komitmen terhadap kualitas, Anda dapat mengambil langkah penting menuju kehadiran yang lebih luas di dunia berita daring.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook