Cara Membersihkan Usus Secara Alami, Kamu Wajib Tahu!

Iwan Ceper - Kesehatan
Cara Membersihkan Usus

Cakaplagi.com – Berikut penjelasan tentang cara membersihkan usus manusia agar hidup sehat dan tidak menimbulkan penyakit. Simak selengkapnya.

Usus adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Namun, seiring berjalannya waktu, usus dapat tersumbat oleh sisa makanan, bakteri, dan racun. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan usus, baik secara alami maupun medis. Berikut adalah beberapa cara membersihkan usus secara alami:

Perbanyak konsumsi makanan kaya serat

Serat adalah nutrisi penting yang membantu melancarkan pencernaan dan membersihkan usus. Makanan kaya serat yang dapat dikonsumsi antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Minum air yang cukup

Air membantu melarutkan sisa makanan dan bakteri di usus, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Orang dewasa disarankan untuk minum 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air putih setiap hari.

Olahraga secara rutin

Olahraga membantu melancarkan aliran darah dan cairan tubuh, termasuk di usus. Olahraga juga membantu meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat lebih efektif membuang racun.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Probiotik dapat ditemukan dalam yogurt, kefir, dan makanan fermentasi lainnya.

Minum air garam

Air garam dapat membantu membersihkan usus dengan cara menarik air dan racun keluar dari tubuh. Caranya, campurkan 2 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Minum larutan tersebut pada pagi hari sebelum makan.

Jus lemon

Jus lemon memiliki sifat alkali yang dapat membantu menetralkan racun di usus. Caranya, minum jus lemon segar di pagi hari sebelum makan.

Selain cara-cara alami di atas, usus juga dapat dibersihkan secara medis dengan cara cuci usus. Cuci usus adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari usus besar. Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan larutan khusus ke dalam usus besar melalui anus.

Cuci usus dapat dilakukan oleh dokter atau tenaga medis terlatih lainnya. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan bius lokal atau umum.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa usus Anda perlu dibersihkan:

  • Sembelit
  • Diare
  • Perut kembung
  • Nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Kelelahan
  • Gangguan pencernaan lainnya

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook