Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Sariawan

Cakaplagi.com – Sudah tahu bagaimana cara menyembuhkan sariawan dengan cepat? Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan cara menyembuhkan sariawan.

Kendati luka sariawan terlihat kecil, kemunculannya dapat sangat mengganggu aktivitas seseorang karena rasa nyeri. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan sariawan lebih cepat.

1. Gunakan obat sariawan

Gunakan obat sariawan khusus yang dijual di apotek dalam bentuk krim, salep, gel, atau cairan. Beberapa obat tersebut biasanya mengandung antiseptik untuk mengatasi infeksi kuman di mulut.

Sementara untuk obat sariawan yang diminum, biasanya obat hanya diresepkan dokter ketika sariawan parah dan obat yang dijual bebas tak mempan mengatasinya.

2. Bersihkan mulut dengan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur yang dijual bebas juga dapat menjaga mulut tetap bersih dan mengurangi nyeri pada sariawan.

Penderita sariawan disarankan memilih obat kumur yang memiliki formula antiseptik. Kandungan antiseptik dapat mencegah infeksi lebih parah dan memberikan sensasi kebas sesaat di mulut.

3. Berkumur dengan air garam

Beberapa orang memilih cara menghilangkan sariawan secara alami dengan cara berkumur dengan air garam. Kendati kandungan dalam air garam tidak bisa serta-merta menggantikan fungsi obat kumur antiseptik.

Namun kumur dengan air garam kadang mengurangi nyeri sariawan. Hal yang perlu diperhatikan, jangan menelan kembali sisa kumuran air garam di mulut.

4. Konsumsi asupan kaya vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah nutrisi penting yang dapat menunjang kinerja otak, saraf, dan produksi sel darah merah. Studi pada 2015 menunjukkan, konsumsi asupan vitamin B-12 yang cukup dapat mengurangi sariawan.

Kebutuhan vitamin B-12 harian rata-rata orang dewasa adalah 2,48 mcg. Untuk mencukupinya, Anda bisa mengkonsumsi asupan tinggi B-12 seperti ikan, daging, kerang, telur, susu, sampai keju.

5. Hindari makanan dan minuman tertentu

Orang yang sedang terkena sariawan sebaiknya menghindari asupan yang terlalu pedas, asin, dan asam.

Makanan yang terlalu pedas, asin, serta asam saat masuk ke mulut dapat mengiritasi luka infeksi sariawan, sehingga proses penyembuhan lebih lama.

Minuman dan makanan yang terlalu panas juga dapat membuat luka sariawan semakin nyeri.

6. Perbanyak minum air putih

Banyak mengonsumsi air putih termasuk cara menghilangkan sariawan dengan cepat. Sebab, air putih akan membantu mempertahankan suhu tubuh normal. Suhu tubuh ini akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah mulut menjadi kering.

Mulut kering akan memicu timbulnya sariawan. Hingga membuat luka gigitan juga semakin parah. Hindari juga minuman berkafein yang berisiko membuat mulut menjadi kering.

7. Konsumsi buah dan sayuran segar

Cara menghilangkan sariawan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan lainnya.

Nutrisi tersebut sangat berguna untuk membantu proses pemulihan tubuh.

Contohnya seperti jeruk, buah tersebut dapat dimakan secara teratur agar bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Selain itu, buah jeruk pun dapat diminum dengan berbagai cara pengolahan kalau tidak bisa memakannya secara langsung.

8. Mengoleskan madu

Madu dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali menghilangkan sariawan. Anda bisa mengoleskan madu pada bagian mulut Anda yang menderita sariawan.

Oleskan madu secara teratur sampai sariawan benar-benar sembuh.

Anda juga bisa memakai jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Menggunakan kantong teh

Cara menghilangkan sariawan yang terakhir adalah mengompresnya dengan kantong teh chamomile.

The jenis ini diyakini mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene serta levomenol. Kedua senyawa tersebut dianggap efektif mempercepat proses penyembuhan sariawan.

10. Minyak kelapa

Cara menyembuhkan sariawan selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa menjadi salah satu obat sariawan alami karena mengandung asam laurat yang tinggi sehingga bersifat antimikroba.

Karena itu, minyak kelapa dianggap ampuh sebagai salah satu cara mengobati sariawan sekaligus mencegah bakteri penyebab sariawan menyebar ke bagian mulut lain.

Obat alami untuk sariawan yang satu ini juga dilengkapi dengan senyawa anti radang untuk meredakan kemerahan dan nyeri akibat iritasi.

Untuk menggunakannya sebagai obat sariawan di bibir, Anda dapat mengoleskan sedikit minyak kelapa ke luka sariawan. Lakukan 3-4 kali dalam sehari hingga sariawan membaik.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook