Contoh Berita Hoax yang Viral di Tahun 2023

Iwan Ceper - Viral
Berita Hoax yang Viral

Cakaplagi.com – Di era digital seperti saat ini, berita hoax atau disinformasi semakin mudah beredar. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam menyebarkan informasi melalui media sosial dan platform digital lainnya.

Berita hoax dapat berdampak negatif bagi masyarakat, seperti menimbulkan keresahan, memecah belah masyarakat, dan bahkan merugikan secara ekonomi.

Berikut adalah beberapa contoh berita hoax yang viral di tahun 2023:

Pengobatan Ida Dayak di Semarang

Pada bulan Mei 2023, beredar informasi di media sosial bahwa akan ada pengobatan Ida Dayak di depan Masjid Agung Kauman atau Aloon-Aloon Johar Semarang. Informasi ini disertai dengan foto seorang perempuan yang mengenakan pakaian adat Dayak dan memegang tongkat.

Setelah ditelusuri, informasi ini ternyata tidak benar. Pengobatan Ida Dayak merupakan berita hoax yang telah beredar sejak tahun 2019.

Ramuan herbal mencegah sakit gigi seumur hidup

Pada bulan Mei 2023, juga beredar informasi di media sosial tentang ramuan herbal yang dapat mencegah sakit gigi seumur hidup. Informasi ini disertai dengan foto seorang pria yang sedang menggosok gigi dengan ramuan herbal tersebut.

Setelah ditelusuri, informasi ini ternyata juga tidak benar. Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ramuan herbal tersebut dapat mencegah sakit gigi seumur hidup.

Mata uang digital global mulai Maret 2023

Pada bulan Maret 2023, beredar informasi di media sosial bahwa elite global akan membuat mata uang digital yang wajib dipakai semua negara mulai Maret 2023. Narasi pada unggahan tersebut dikaitkan dengan rapat ekonomi dunia yang telah dilaksanakan pada Maret 2022.

Setelah ditelusuri, informasi ini juga tidak benar. Hingga kini tidak ada bukti yang menguatkan bahwa ada pertemuan ekonomi internasional yang membahas mengenai penggunaan mata uang global.

Selain tiga contoh di atas, masih banyak lagi berita hoax yang viral di tahun 2023. Untuk menghindari penyebaran berita hoax, kita perlu berhati-hati dalam menerima informasi dari media sosial dan platform digital lainnya. Kita juga perlu melakukan cek fakta terlebih dahulu sebelum membagikan informasi tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari berita hoax:

  • Periksa sumber informasi. Pastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya, seperti media massa yang kredibel.
  • Pertimbangkan tanggal publikasi. Informasi yang sudah lama diterbitkan biasanya lebih akurat daripada informasi yang baru diterbitkan.
  • Periksa foto atau video. Pastikan foto atau video tersebut asli dan bukan hasil editan.
  • Pertimbangkan narasi. Pastikan narasi informasi tersebut logis dan tidak mengandung unsur provokatif.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kita dapat membantu mengurangi penyebaran berita hoax di masyarakat.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook