Google Search Perbarui Fitur, Pengguna Bisa Hapus Foto Sensitif!

Iwan Ceper - Teknologi
Artikel Tidak Terindek Google

Cakaplagi.com – Google Search perbarui fitur yang memungkin pengguna bisa hapus foto sensitif di internet. Ini informasi lengkapnya.

Fitur privasi terbaru Google telah mereka umumkan pekan lalu. Ada tiga fitur baru yang bertujuan untuk memberikan pengguna Google kendali lebih atas konten sensitif.

Google Search perbarui fitur ini demi kenyamanan para penggunanya. Lantas, bagaimana penjelasan Google terhadap pembaruan fitur ini?

“Ini hanya satu dari sekian banyak upaya kami untuk membuat pengguna Google kendali lebih banyak dalam pengalaman online mereka,” kata Danny Sullivan dari Google Search.

Sullivan menyatakan kebijakan penghapusan foto eksplisit ini punya satu pengecualian. Pengguna Google tidak bisa menghapus foto seksi mereka yang sengaja disediakan di internet untuk kepentingan komersial.

Sebelumnya, kebijakan penghapusan foto eksplisit Google hanya berlaku untuk gambar yang tersedia di internet tanpa restu objek foto.

Fitur baru lain yang disediakan Google adalah dasbor untuk memantau informasi pribadi yang muncul di Google Search.

Lewat dashboard ini, pemilik akun Google langsung tahu ketika informasi pribadi mereka muncul di Google Search dan dengan mudah meminta informasi tersebut dihapus.

Bahkan, Google menyediakan fitur notifikasi setiap informasi pribadi seperti email atau nomor telepon mereka “terdeteksi” di internet oleh Google Search.

Saat ini, dashboard baru tersedia di Amerika Serikat dalam bahasa Inggris. Namun, Google memastikan fitur yang sama akan tersedia di lokasi dan bahasa lain.

Kebijakan ketiga terkait privasi yang diumumkan Google adalah secara otomatis “membaurkan” gambar eksplisit di hasil pencarian Google untuk pengguna di seluruh dunia.

Fitur ini adalah bagian dari SafeSearch yang dirancang untuk membantu “melindungi anggota keluarga dari potensi melihat gambar eksplisit” di Google Search.

“Prinsip kami adalah kami tidak ingin orang syok atau terkejut dengan hal yang tidak mereka harapkan,” kata Sullivan.

Fitur Results about You, peralatan yang menunjukkan semua informasi pribadi terkait diri mereka yang ada di internet, diumumkan Google sejak tahun lalu.

Namun, fitur yang seharusnya bisa diakses di sini goo.gle/resultsaboutyou tidak tersedia di jaringan internet RI.

Di Results about You, Google menunjukkan semua informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email.

Sedikit demi sedikit, Google terus menambah informasi pribadi yang bisa dipantau dan dihapus dari Google Search.

Kebijakan penghapusan ini bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran data pribadi seperti nomor kartu kredit dan KTP yang bisa dieksploitasi untuk “doxxing” yaitu tindakan penyebaran data pribadi milik orang lain tanpa izin dan penipuan online.

Google bisa menolak penghapusan informasi jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, misalnya informasi profesional atau informasi yang dicantumkan di situs web badan pemerintah atau institusi pendidikan.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook