Hari Kemerdekaan Malaysia, Semangat Jaga Persatuan dan Martabat Bangsa

Sulistiyono - News
Hari Merdeka Malaysia

Cakaplagi.com – Hari Kemerdekaan Malaysia ke-66 jatuh pada Kamis 31 Agustus 2023. Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim menyerukan menjaga persatuan dan martabat bangsa.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan, Pemerintah akan melakukan upayanya untuk membela negara dari segala upaya yang dapat meredam semangat dan persatuan bangsa.

“Masalah negara ini bukan karena kita berbeda ras, budaya atau agama. Tuhan menciptakan kita berbeda agar kita bisa mengenal dan menghormati satu sama lain,” katanya seperti dilaporkan New Straits Time.

“Negara ini sudah kuat dan akan terus kuat dengan mengakui kontrak sosial di antara semua ras dan menjamin hak seluruh warga negara untuk menjalankan agama dan budayanya,” lanjutnya.

Anwar Ibrahim mengatakan, kemerdekaan juga berarti bahwa semua sumber daya negara harus digunakan untuk memberi kembali kepada rakyat dan untuk mengangkat martabat negara.

“Saya yakin dengan semangat ini, Malaysia akan tampil menjadi negara besar di Asia Tenggara,” imbuhnya.

“Dengan syarat semangat nenek moyang kita, persatuan kita, dan penerimaan kita merdeka, dan semua ras, orang Melayu dan Bumiputera, bersama teman-teman kita yang lain, orang Cina, India, Orang Asli, serta orang-orang Melanau, Dayak, Dusun, Kadazan, Bajau, Suluk, dan lain-lain, bela negara untuk seluruh rakyat Malaysia,” ujarnya.

“Persatuan ini untuk apa? Untuk menjamin masa depan kita melalui kebijakan yang diterapkan mulai hari ini,” kata Anwar Ibrahim dalam pidatonya di Hari Kemerdekaan Malaysia.

Anwar Ibrahim juga mengajak masyarakat untuk memahami arti kemerdekaan yang sebenarnya dan bebas dari pemikiran terbelakang.

“Kita harus menggunakan waktu yang kita miliki dengan bijak untuk membuat strategi, bekerja keras untuk meningkatkan martabat negara kita dan melayani keluarga dan komunitas kita,” tambahnya.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook