Ini 4 Sikap Tak Mudah Cemburu dengan Hidup Orang Lain

Iwan Ceper - Inspirasi
Sikap Tak Mudah Cemburu
Sikap Tak Mudah Cemburu. (Instagram/@natashawilona12)

Cakaplagi.com – Rasa cemburu kadang muncul saat kita merasa tidak senang melihat orang lain yang tampak lebih beruntung dari kita.

Melihat orang yang lebih sukses, lebih bahagia, dan lebih baik dari kita bisa memantik rasa cemburu. Namun, kalau hidup terus dibayangi rasa cemburu kita malah menghalangi diri kita sendiri dari meraih kebahagiaan yang sebenarnya dekat.

Supaya tidak gampang cemburu dengan hidup orang lain, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Seperti dengan menerapkan sejumlah sikap berikut ini. Selengkapnya simak uraiannya di bawah ini, ya.

1. Berlapang Dada

Cobalah untuk lebih berlapang dada. Saat melihat orang lain tampak lebih baik dari kita, tak perlu merasa minder atau ciut. Cobalah untuk meluaskan hati kita.

Ikutlah bahagia dengan hal-hal baik yang terjadi di kehidupan orang lain. Ikutlah tersenyum dengan kejadian baik yang dialami orang lain. Sadari bahwa masing-masing dari kita punya perjalanan hidup masing-masing.

2. Lebih Banyak Bersyukur

Saatnya untuk lebih banyak bersyukur. Fokuskan diri kita pada hal-hal yang sudah kita miliki dalam hidup, dan bukan pada menginginkan semua hal yang dimiliki orang lain.

Mengutip buku Healing the Emptiness, “Apa yang kita fokuskan, akan bertumbuh. Mempraktikkan rasa syukur mengalihkan fokus kita dari apa yang tidak kita sukai dalam hidup, menjadi apa yang kita sukai. Dan, itu bertumbuh.” Dengan sikap senantiasa bersyukur, maka rasa mudah cemburu akan pudar dengan sendirinya.

3. Bijaksana Solusi Anti Cemburu

Saatnya untuk menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Dalam arti tidak merisaukan hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan.

Lalu, dengan tetap menjaga fokus untuk mengerahkan upaya terbaik dalam mewujudkan kehidupan yang diimpikan.

Saat rasa cemburu hadir, cobalah untuk mempersilakannya singgah sejenak tapi jangan membiarkannya menetap terlalu lama sebab masih ada banyak hal baik yang bisa disambut dalam hidup.

4. Kontemplatif Tak Memicu Mudah Cemburu

Bisa jadi rasa cemburu hadir karena sebenarnya ada aspek dan hal penting dari kehidupanmu yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan lagi.

Cobalah untuk meluangkan waktu melakukan kontemplasi atau perenungan. Siapa tahu ada hal yang memang perlu diperbaiki dari kehidupan yang dijalani saat ini.

Jadi, fokusnya bukan pada apa yang terjadi di kehidupan orang lain tetapi apa yang perlu ditingkatkan lagi dari diri sendiri.

Semoga kita bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih tenang lagi, ya. Tanpa ada rasa cemburu berlebihan lagi.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook