Ini Jenis Kebaya yang Cocok untuk Memperingari Hari Kartini

Rahmad - Hiburan
Jenis Kebaya Kartini

Cakaplagi.com – Sudah tahu apa saja jenis kebaya yang cocok untuk memperingati Hari Kartini? Ada banyak jenis kebaya bisa jadi rekomendasi untuk Anda.

Hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April, merupakan momen untuk mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

Salah satu cara untuk memeriahkan Hari Kartini adalah dengan mengenakan kebaya, pakaian tradisional Indonesia yang anggun dan penuh makna.

Jenis Kebaya untuk Hari Kartini

Berikut beberapa jenis kebaya yang cocok untuk dikenakan pada Hari Kartini:

1. Kebaya Kartini

Kebaya Kartini, atau kebaya kutu baru, merupakan model kebaya klasik yang paling populer. Kebaya ini memiliki potongan yang simpel dan anggun, dengan kerah berbentuk bulat dan bukaan kancing di bagian depan. Kebaya Kartini biasanya terbuat dari bahan kain katun atau sutra yang halus dan nyaman dipakai.

2. Kebaya Encim

Kebaya Encim adalah jenis kebaya yang berasal dari Sumatera Utara. Kebaya ini memiliki ciri khas pada kerahnya yang tinggi dan berenda. Kebaya Encim biasanya terbuat dari bahan kain brokat atau tile yang berkilau dan berwarna cerah.

3. Kebaya Sunda

Kebaya Sunda memiliki ciri khas pada potongan bahunya yang miring dan kerahnya yang berbentuk V. Kebaya ini biasanya terbuat dari bahan kain katun atau sutra yang polos atau bermotif.

4. Kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki ciri khas pada hiasannya yang rumit dan berwarna-warni. Kebaya ini biasanya terbuat dari bahan kain sutra atau brokat yang berkilau.

5. Kebaya Modern

Kebaya modern merupakan variasi dari kebaya klasik dengan desain yang lebih kekinian. Kebaya modern biasanya menggunakan bahan yang lebih ringan dan mudah dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan, seperti celana panjang, rok, atau jeans.

Selain jenis kebaya di atas, Anda juga bisa memilih kebaya dengan motif batik yang indah dan penuh makna. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang patut dilestarikan.

Tips Memilih Kebaya:

  • Pilihlah kebaya yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.
  • Pilihlah bahan kebaya yang nyaman dipakai.
  • Padukan kebaya dengan bawahan yang serasi.
  • Gunakan aksesoris yang tidak berlebihan.
  • Yang terpenting, pilihlah kebaya yang membuat Anda merasa percaya diri dan anggun.

Dengan mengenakan kebaya pada Hari Kartini, Anda dapat menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Indonesia. Kebaya juga merupakan simbol emansipasi wanita yang diperjuangkan oleh Raden Ajeng Kartini.

Semoga bermanfaat!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook