Ini Penyebab Bau Mulut Meski Sudah Rajin Sikat Gigi

Cakaplagi.com – Sudah tahu penyebab bau mulut apa saja? Berikut ini penjelasan tentang penyebab bau mulus meski sudah rajin sikat gigi.

Hampir seluruh manusia mungkin pernah memiliki masalah bau mulut. Dalam beberapa kasus, bau mulut dapat bertahan bahkan jika gigimu dalam keadaan yang bersih.

Bau mulut memiliki banyak pemicu potensial. Sekitar 80 hingga 85 persen kasus, penyebab utamanya berasal dari mulut. Selain itu terdapat faktor di luar mulut yang mungkin menjadi akar masalahnya.

Penyebab Bau Mulut

Berikut adalah beberapa penyebab bau mulut meski sudah rajin sikat gigi:

Penyakit gusi

Penyakit gusi adalah salah satu pemicu utama bau mulut. Penyakit gusi terjadi ketika bakteri di mulut menumpuk dan membentuk plak. Plak dapat menyebabkan gusi bengkak, merah, dan berdarah. Jika tidak diobati, penyakit gusi dapat menyebabkan kerusakan tulang dan gigi.

Karang gigi

Karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk di permukaan gigi. Karang gigi terbentuk dari plak yang tidak dibersihkan. Karang gigi dapat menyebabkan bau mulut dan penyakit gusi.

Kebiasaan merokok

Merokok adalah salah satu pemicu utama bau mulut. Merokok dapat menyebabkan kerusakan gigi, gusi, dan lidah. Merokok juga dapat menyebabkan produksi air liur berkurang, yang dapat memperburuk bau mulut.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh tidak memiliki cukup cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, yang dapat memperburuk bau mulut.

Stres

Stres dapat menyebabkan produksi air liur berkurang, yang dapat memperburuk bau mulut.
Masalah kesehatan tertentu. Beberapa masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit hati, dan penyakit ginjal, dapat menyebabkan bau mulut.

Obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan, seperti antihistamin dan antidepresan, dapat menyebabkan bau mulut.

Jika Anda mengalami bau mulut yang tidak hilang, sebaiknya Anda menemui dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan.

Dokter gigi dapat membantu Anda menentukan penyebab bau mulut dan memberikan perawatan yaaung tepat.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook