Ini Perbedaan Demam Berdarah dan Gejala Flu

Iwan Ceper - Kesehatan
Demam Berdarah dan Gejala Flu

Cakaplagi.com – Apakah kamu sudah tahu perbedaan demam berdarah dengan gejala flu? Berikut ini perbedaan demam berdara dan gejala flu.

Demam berdarah dan gejala flu adalah dua kondisi yang berbeda, meskipun keduanya dapat menyebabkan demam dan gejala mirip.

Ini penjelasan lengkap perbedaan antara demam berdarah dan gejala flu:

Demam Berdarah

Penyebab: Disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus yang terinfeksi.

Gejala Utama: Gejala yang umumnya muncul termasuk demam tinggi mendadak, nyeri sendi dan otot, sakit kepala hebat (biasanya di belakang mata), ruam kulit yang mirip seperti cacar, dan nyeri di belakang mata.

Perdarahan: Salah satu gejala khas adalah kemungkinan perdarahan, seperti mimisan, gusi berdarah, atau memar mudah.

Komplikasi Serius: Demam berdarah dapat berkembang menjadi bentuk yang lebih parah yang dikenal sebagai sindrom syok dengue, yang memerlukan perhatian medis segera.

Pencegahan: Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan jaring antinyamuk, mengenakan pakaian yang melindungi kulit, dan menggunakan obat antinyamuk dapat membantu mencegah penularan.

Gejala Flu

Penyebab: Disebabkan oleh virus influenza.

Gejala Utama: Gejala flu meliputi demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan kadang-kadang mual dan muntah.

Perdarahan: Biasanya tidak ada perdarahan yang terkait dengan gejala flu.

Komplikasi Serius: Meskipun flu umumnya tidak menyebabkan komplikasi serius pada mayoritas orang, beberapa kelompok rentan (anak-anak kecil, orang tua, orang dengan kondisi medis yang sudah ada) dapat mengalami komplikasi seperti pneumonia.

Pencegahan: Vaksinasi tahunan adalah cara utama untuk mencegah infeksi flu. Selain itu, mencuci tangan secara rutin, menjaga jarak dari orang yang sakit, dan menutup mulut saat batuk atau bersin dapat membantu mencegah penyebaran virus flu.

Meskipun gejalanya dapat tumpang tindih, perbedaan utama antara demam berdarah dan gejala flu terletak pada penyebabnya, gejala karakteristik, dan komplikasi yang terkait dengan masing-masing kondisi.

Jika Anda atau seseorang mengalami gejala yang mencurigakan, sebaiknya mencari bantuan medis untuk diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook