Inilah Manfaat Daun Salam untuk Penderita Diabetes

Sulistiyono - Kesehatan

Cakaplagi.com – Inilah manfaat daun salam untuk penderita diabetes yang jarang diketahui. Simak selengkapnya pada usalan berikut ini.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Ada beberapa cara untuk mengontrol kadar gula darah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, obat-obatan ini seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Daun salam adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes.

Daun salam mengandung berbagai senyawa aktif, seperti polifenol, flavonoid, dan minyak atsiri, yang memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah.

Manfaat Daun Salam

Berikut adalah beberapa manfaat daun salam untuk penderita diabetes:

  • Membantu menurunkan kadar gula darah

Daun salam terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Biochemistry and Nutrition pada tahun 2016 menunjukkan bahwa mengonsumsi 1-3 gram daun salam per hari selama 30 hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2.

  • Meningkatkan fungsi insulin

Insulin adalah hormon yang membantu tubuh mengangkut gula dari darah ke sel-sel tubuh. Pada penderita diabetes, fungsi insulin terganggu, sehingga gula darah tidak dapat diangkut ke sel-sel tubuh dengan baik. Daun salam dapat membantu meningkatkan fungsi insulin, sehingga gula darah dapat diangkut ke sel-sel tubuh dengan lebih efisien.

  • Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi juga merupakan faktor risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  • Memiliki sifat antioksidan

Daun salam mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes.

Meskipun daun salam memiliki banyak manfaat untuk penderita diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Daun salam dapat berinteraksi dengan obat-obatan diabetes, sehingga dapat menyebabkan hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah.

Berikut adalah cara mengonsumsi daun salam untuk penderita diabetes:

  • Rebus 10-15 lembar daun salam dalam 2 gelas air selama 15 menit.
  • Saring dan minum air rebusan daun salam tersebut.
  • Minum air rebusan daun salam tersebut 2-3 kali sehari.

Selain mengonsumsi air rebusan daun salam, penderita diabetes juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Melakukan diet sehat
  • Olahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan ideal

Pola hidup sehat yang diimbangi dengan konsumsi daun salam dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi kesehatan.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook