Inilah Pengganti Gula Putih untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Sulistiyono - News
Gula Putih

Cakaplagi.com – Gula putih merupakan salah satu komponen makanan yang sering ditemukan dalam berbagai jenis makanan dan minuman.

Penggunaan gula ini umumnya digunakan dalam campuran beragam hidangan. Meski demikian, mengonsumsi gula putih secara berlebihan memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Dikutip dari sumber Pinkvilla, Dr. Archana Batra, seorang Ahli Gizi, Pendidik Diabetes yang bersertifikat, dan juga Fisioterapis, menjelaskan bahwa konsumsi gula dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Seperti obesitas, penumpukan lemak di area perut, diabetes, gangguan jantung, gangguan kejiwaan, depresi, kerusakan hati, dan bahkan risiko kanker.

Jika Anda masih ingin menikmati makanan dan minuman dengan rasa manis, terdapat beberapa pilihan alternatif pemanis yang lebih sehat daripada gula putih, yakni:

Gula Merah

Gula merah mengandung molase yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Selain itu, gula merah kaya akan berbagai mikronutrien seperti seng, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin B-6 yang berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Gula Aren

Gula aren adalah salah satu pemanis alami yang sangat baik bagi kesehatan. Gula ini diekstraksi dari bunga kelapa dan memiliki rasa yang ringan.

Gula aren juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan kadar fruktosa yang tidak tinggi, sehingga konsumsinya tidak berdampak buruk pada kesehatan meskipun tetap memberikan rasa manis.

Kurma

Kurma seringkali hanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada bulan Ramadan, padahal kurma bisa menjadi pengganti gula putih sehari-hari. Indeks glikemik pada kurma lebih rendah daripada gula putih.

Serat yang terkandung dalam kurma membantu mengatur kadar gula dalam darah sehingga lonjakan gula darah yang drastis dapat dicegah.

Selain itu, kurma juga mengandung fruktosa alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Konsumsi kurma dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, memperbaiki pencernaan, serta meredakan masalah sembelit.

Madu

Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Pilihan terbaik adalah memilih madu alami yang kaya akan enzim, vitamin, nutrisi, dan antioksidan.

Stevia

Stevia adalah pemanis pengganti gula yang berasal dari daun tanaman stevia. Meskipun memiliki tingkat keemanisan 300 kali lipat dari gula putih, stevia tidak mengandung karbohidrat, kalori, atau bahan buatan.

Selain membantu dalam pengendalian berat badan, stevia juga berpotensi untuk menjaga kesehatan gigi, mengatur tekanan darah, dan memiliki sejumlah manfaat lainnya.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook