Kenali Makanan Pencegah Infeksi Saluran Kemih

Sulistiyono - Kesehatan
Makanan Pencegah Infeksi Saluran Kemih
Woman running to toilet in night clothes

Cakaplagi.com – Kenali makanan pencegah infeksi saluran kemih sangatlah pentih. Inilah beberapa jenis makanan pencegah infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah kesehatan umum yang dapat memengaruhi siapa saja, baik pria maupun wanita. Salah satu cara untuk mencegah ISK adalah melalui pola makan yang sehat dan beragam.

Makanan dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saluran kemih kita, dan beberapa makanan tertentu telah terbukti memiliki sifat pencegah infeksi saluran kemih.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih:

Air Putih

Ini mungkin bukan makanan, tetapi konsumsi cukup air sangat penting dalam menjaga saluran kemih tetap bersih. Air membantu mengencerkan urine, sehingga bakteri lebih mudah dikeluarkan dari saluran kemih. Minum setidaknya delapan gelas air sehari dapat membantu mencegah ISK.

Vitamin C

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan kiwi mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C juga bisa membuat urine lebih asam, sehingga sulit bagi bakteri untuk berkembang.

Yogurt dan Probiotik

Produk susu fermentasi seperti yogurt mengandung probiotik, yang merupakan bakteri baik yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di saluran kemih Anda. Ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Bawang Merah

Bawang merah mengandung senyawa sulfur alami yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dengan membunuh bakteri. Anda dapat menambahkan bawang merah ke dalam berbagai hidangan.

Buah Cranberry

Buah cranberry terkenal karena kemampuannya menghambat bakteri E. coli, yang sering menjadi penyebab ISK. Minum jus cranberry atau mengonsumsi buah cranberry secara teratur dapat membantu mencegah infeksi.

Jahe

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi saluran kemih. Anda dapat membuat teh jahe atau menambahkan jahe ke dalam makanan Anda.

Banyak Serat

Makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dapat membantu menjaga saluran kemih tetap sehat dengan mengurangi risiko sembelit. Sembelit dapat menyebabkan tekanan pada saluran kemih, yang bisa meningkatkan risiko ISK.

Selain mengonsumsi makanan-makanan ini, penting juga untuk menjaga kebersihan pribadi, buang air kecil secara teratur, dan selalu mencuci area genital dengan benar. Juga, hindari faktor risiko seperti menahan buang air kecil terlalu lama atau sering berganti pasangan seksual.

Namun, penting untuk diingat bahwa makanan hanya satu aspek dari pencegahan ISK. Jika Anda memiliki gejala atau risiko tinggi untuk ISK, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Pencegahan yang efektif melibatkan kombinasi gaya hidup sehat, termasuk pola makan, kebersihan, dan kebiasaan buang air kecil yang benar.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook