Kenapa Telegram Tidak Bisa Mengirim Pesan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Iwan Ceper - Teknologi
Kenapa Telegram Tidak Bisa Mengirim Pesan

Cakaplagi.com – Belakangan ini keluhan tentang kenapa telegram tidak bisa mengirim pesan mengemukan ke publik. Ini penyebab dan cara mengatasinya.

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan instan yang populer di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang menarik, seperti mengirim pesan teks, gambar, video, dan file lainnya.

Namun, terkadang Telegram bisa mengalami masalah, salah satunya adalah tidak bisa mengirim pesan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan Telegram tidak bisa mengirim pesan.

Penyebab yang paling umum adalah masalah koneksi internet. Selain itu, penyebab lainnya bisa berupa masalah pada aplikasi Telegram itu sendiri, atau masalah pada sistem Telegram.

Kenapa Telegram Tidak Bisa Mengirim Pesan?

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik, seperti pengiriman pesan teks, foto, video, file, hingga panggilan suara dan video.

Namun, terkadang pengguna Telegram mengalami masalah, salah satunya adalah tidak bisa mengirim pesan. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan Telegram tidak bisa mengirim pesan. Berikut adalah 5 di antaranya:

1. Masalah server

Penyebab paling umum dari Telegram yang tidak bisa mengirim pesan adalah masalah server. Jika terjadi masalah server, pengguna tidak akan bisa mengirim pesan ke siapa pun, termasuk ke kontak mereka sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa menunggu hingga masalah server teratasi.

2. Koneksi internet yang tidak stabil

Telegram membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk kirim pesan. Jika koneksi internet tidak stabil, pesan yang dikirim mungkin tidak akan sampai ke penerima. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa memeriksa koneksi internet mereka dan memastikan bahwa koneksi tersebut stabil.

3. Aktifnya mode hemat data aplikasi

Mode hemat data aplikasi dapat membatasi penggunaan data internet oleh aplikasi. Jika mode hemat data aplikasi aktif, Telegram mungkin tidak akan bisa kirim pesan. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa menonaktifkan mode hemat data aplikasi.

4. Aktifnya fitur batas data latar belakang

Fitur batas data latar belakang dapat membatasi penggunaan data internet oleh aplikasi di latar belakang. Jika fitur ini aktif, Telegram mungkin tidak akan bisa kirim pesan di latar belakang. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa menonaktifkan fitur batas data latar belakang.

5. Penerima memblokir pengirim

Jika penerima memblokir pengirim, pengirim tidak akan bisa mengirim pesan ke penerima tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, pengirim bisa meminta penerima untuk membuka blokir.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Telegram yang tidak bisa mengirim pesan:

1. Periksa koneksi internet Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet Anda. Pastikan Anda terhubung ke internet yang stabil, baik itu melalui jaringan seluler atau WiFi. Jika Anda menggunakan jaringan seluler, coba berpindah ke area dengan sinyal yang lebih baik.

2. Perbarui aplikasi Telegram Anda

Pastikan aplikasi Telegram Anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Telegram sering merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan performa aplikasi. Anda bisa memperbarui aplikasi Telegram melalui App Store atau Google Play Store.

3. Mulai ulang perangkat Anda

Terkadang, masalah Telegram bisa disebabkan oleh masalah pada perangkat Anda. Coba mulai ulang perangkat Anda untuk me-reset sistem.

4. Nonaktifkan fitur batas data latar belakang

Telegram mengandalkan data latar belakang untuk pengiriman pesan. Jika fitur batas data latar belakang aktif, aplikasi Telegram mungkin tidak bisa kirim pesan. Anda bisa menonaktifkan fitur ini melalui pengaturan perangkat Anda.

5. Unduh ulang aplikasi Telegram Anda

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba unduh ulang aplikasi Telegram Anda. Anda bisa menghapus aplikasi Telegram yang ada, lalu mengunduhnya kembali dari App Store atau Google Play Store.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas, namun Telegram Anda masih tidak bisa kirim pesan, Anda bisa menghubungi dukungan Telegram. Anda bisa menghubungi dukungan Telegram melalui email atau forum komunitas Telegram.

Itulah tadi penjelasan kenapa Telegram tidak bisa mengirim pesan lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook