Ketua Umum PSSI Mengusulkan Pembentukan Polisi Olahraga

Sulistiyono - Olahraga
Pembentukan Polisi Olahraga

Cakaplagi.com – Ketua umum PSSI mengusulkan pembentukan polisi olahraga kepada Presiden Indonesia Joko Widodo dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI memandang perlu pembentukan polisi olahraga. Ia mengaku telah menyampaikan gagasannya ke Presiden dan Kapolri.

Penegasan usulan pembentukan satuan polisi olahraga ini disampaikan oleh Erick Thohir dalam pra workshop suporter sepak bola nasional di Hotel Abadi Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY, Jumat (15/9).

“Saya sudah bicara dengan Pak Presiden dan Pak Kapolri. Waktu itu saya bilang kalau ada polisi pariwisata, ya saya rasa polisi olahraga penting juga, saya akan dorong terus,” kata Erick.

Orang nomor satu di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menganggap keberadaan polisi olahraga akan menjadi sebuah perubahan besar dalam sepak bola Indonesia.

Dia semula menargetkan kehadiran satuan ini dalam ajang Piala Dunia U-17, namun momennya berbenturan dengan persiapan Polri dalam menghadapi Pemilu.

“Kenapa saya mendorong polisi olahraga, supaya aparat ini dekat dengan kita. Kalau polisinya ganti-ganti dia tidak kenal kita.”

“Tapi kalau dia punya jobdesk yang dekat sama kita, artinya ada komunikasi yang lebih baik, jangan terpersepsikan suporter ini mau bikin ribut,” kata Erick.

Menurut Erick, saling mengenal serta memahami antara polisi olahraga dan suporter membuat keduanya mampu berkolaborasi mewujudkan laga sepakbola yang aman juga nyaman.

Erick yakin kolaborasi tersebut juga akan membangun rasa saling percaya antara suporter dan polisi olahraga.

“Saya akan mendorong terus, nanti ini ada turunannya bagaimana ada kepercayaan dari pihak aparat dan kita bisa bersinergi dengan isu-isu lain misalnya soal ujaran kebencian di media sosial,” pungkas Erick.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook