Literasi Digital Masih Minim Meski Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta

Sulistiyono - Teknologi
Literasi Digital Masih Minim

Cakaplagi.com – Literasi digital masih minim meski pengguna internet di Indonesia sudah tembus di angka 200 juta. Ini informasi lengkapnya.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna internet mencapai 200 juta. Meskipun angka cukup tinggi, namun literasi digital masih minim.

Ini mencakup berbagai kelompok usia, dari anak-anak hingga dewasa, yang semuanya telah terhubung ke dunia maya. Namun, meskipun akses internet semakin meluas, literasi digital masih minim.

Ketidakmampuan sebagian besar masyarakat untuk memahami dan menggunakan teknologi digital secara efektif telah menjadi hambatan bagi kemajuan ekonomi dan sosial Indonesia.

Literasi digital adalah keterampilan yang sangat penting di era digital ini. Tanpa literasi digital yang memadai, seseorang akan kesulitan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari internet.

Masih banyak warga Indonesia yang kurang memahami cara mengidentifikasi berita palsu (hoaks) dari yang asli, melindungi data pribadi mereka, atau bahkan menggunakan perangkat lunak dan aplikasi yang mendukung pekerjaan atau pendidikan.

Ini menjadi masalah serius dalam dunia yang semakin tergantung pada teknologi digital. Selain itu, terdapat kesenjangan literasi digital antara perkotaan dan pedesaan, serta antara generasi muda dan dewasa.

Penelitian menunjukkan bahwa generasi muda cenderung lebih akrab dengan teknologi daripada lansia. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk upaya yang lebih besar dalam meningkatkan literasi digital di kalangan kelompok yang rentan.

Pemerintah Indonesia, bersama dengan organisasi nirlaba dan lembaga pendidikan, telah berupaya keras untuk mengatasi masalah ini dengan meluncurkan program pelatihan literasi digital di berbagai wilayah.

Namun, perjalanan untuk mencapai tingkat literasi digital yang memadai masih panjang. Dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat, meningkatkan literasi digital di Indonesia adalah tugas yang mendesak.

Hanya dengan masyarakat yang lebih terampil dalam menggunakan teknologi digital, Indonesia dapat mengambil keuntungan penuh dari potensi besar yang ditawarkan oleh dunia maya.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook