Lomba Bidar Sungai Musi 2023 Berlangsung Meriah

Iwan Ceper - Hiburan
Lomba Bidar Sungai Musi 2023

Cakaplagi.com – Lomba bidar sungai musi 2023 berlangsung meriah. Ini merupakan lomba dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia ke-78.

Lomba bidar sungai musi 2023 adalah perlombaan perahu hias yang paling menarik di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (20/8/2023).

Pemerintah Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, mengadakan lomba bidar Sungai Musi 2023 sebagai sarana promosi wisata Sungai Musi.

Apa Itu Lomba Bidar Sungai Musi 2023?

Lomba Bidar Palembang 2023 adalah jenis perlombaan puluhan perahu hias baik itu milik OPD, BUMD dan komunitas masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan kegiatan ini pun diramaikan dengan panggung rakyat, dengan artis ibu kota.

Selain itu, lomba ini juga sebagai ajang promosi wisata Sungai Musi. “Kami juga mengundang beberapa artis ibu kota, agar wisatawan semakin tertarik mengunjungi dan menyaksikan perlombaan ini,” katanya.

“Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM ini juga dapat meningkatkan pendapatan mereka, selama berlangsungnya ajang tersebut,” ujarnya.

“Kami menargetkan 50.000 pengunjung yang datang baik Nusantara maupun mancanegara pada ajang bidar dan lomba perahu hias ini,” sambungnya.

Bidar merupakan lomba adu kecepatan dan ketangkasan dalam mendayung perahu bidar. Puncak acara lomba bidar akan berlangsung pada pukul 2 siang.

Sulaiman Amin menyebutkan akan menargetkan sebanyak-banyaknya penonton, baik dari wong Palembang, masyarakat Sumsel dan terutama kunjungan wisata.

“Ini sebagai upaya mengenalkan tradisi budaya khas wong Palembang serta Sumatera Selatan, sebagai masyarakat dengan peradaban sungai.”

“Terkhusus kegiatannya ialah meningkatkan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan, sekaligus menghidupkan ekonomi masyarakat,” sambungnya.

“Dengan banyaknya pengunjung pada perlombaan tersebut, diharapkan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang,” katanya.

Untuk jumlah peserta yang ikut dalam lomba bidar itu sebanyak 8 peserta. Sedangkan untuk perahu hias akan di ikuti sebanyak 30 peserta.

Pihaknya menghadirkan dewan juri yang telah berpengalaman yang membidangi hal tersebut.

Mulai dari Personel Jasmani dan Rekreasi (Jasrek) TNI Angkatan Laut Palembang, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), budayawan, akademisi serta seniman Palembang.

Untuk kriteria dalam ajang bidar yaitu kecepatan waktu tempuh dan disiplin dalam mentaati aturan.

Sedangkan untuk perlombaan perahu hias, yaitu dekorasi hiasan perahu, dekorasi hiasan hidup, penampilan dan atraksi dalam perjalanan serta kriteria tambahan berupa faktor keselamatan.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook