5 Makanan Khas Dumai yang Enak Sampai Menggugah Selera

Iwan Ceper - Bisnis
Makanan Khas Dumai

Cakaplagi.com – Ingin tahu apa saja makanan khas Dumai? Berikut adalah daftar makanan khas Kota Dumai yang enak sampai menggugah selera.

Kota Dumai selain terkenal dengan kilang, industri dan pelabuhan, rupanya terdapat kuliner khas yang perlu Anda cicip ketika berkunjung.

Berkunjung ke Dumai tidak lengkap tanpa mencicipi berbagai makanan khasnya. Bila Anda ingin berkunjung ke Kota Dumai, Provinsi Riau, ini rekomendasi makanan khas Dumai.

Rekomendasi Makanan Khas Dumai

Berikut adalah beberapa makanan khas Dumai yang perlu Anda cicip ketika berkunjung di Kota Idaman:

1. Gulai Udang

Kuliner khas Dumai yang pertama adalah Gulai Udang. Ini merupakan kuliner khas Dumai yang paling banyak diminati masyarakat ataupun wisatawan.

Kaya akan bumbu, kuliner khas Dumai ini dijamin mampu menggoyang lidah. Dumai sendiri memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil udang.

2. Gulai Asam Pedas Patin

Gulai asam pedas Patin merupakan kuliner khas Dumai urutan kedua. Ini merupakan makanan yang berbahan dasar daging ikan patin. Dengan cita rasa asam berpadu dengan pedasnya cabai rawit cukup menggugah selera makan Anda bersama keluarga.

Selain ikan patin, ikan baung juga kerap menjadi bahan baku dalam membuat makanan khas satu ini. Kalau tidak merasakan nikmatnya, maka rasa kepunan pun akan menghampiri Anda ketika berkunjung ke Dumai.

3. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo masuk dalam daftar kuliner khas Dumai. Kuliner manis satu ini memang banyak di temukan di Provinsi Riau, salah satunya di Kota Dumai.

Kue Bolu Kemoho kerap disajikan pada saat pesta dan hajatan, awalnya bolu ini hanya dibuat pada momen-momen khusus seperti Lebaran dan Hari Besar lainnya.

4. Keripik Ubi Cabai

Keripik Cabai masuk dalam daftar kuliner khas Dumai. Makanan ringan ini namanya cukup familiar di Riau. Dibuat dengan bahan dasar ubi dan cabai, keripik ini tidaklah terlalu pedas.

Kehadiran keripik cabai ini sudah menjadi buah tangan wisatawan ketika berkunjung di Kota Dumai. Jadi, jangan sampai tertinggal untuk membeli oleh-oleh khas Dumai satu ini.

5. Dodol Nanas

Sudah pernah merasakan manisnya dodol nanas Dumai? Ini merupakan camilan khas Dumai selanjutnya yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh saat bertandang ke Dumai.

Dengan manisnya rasa khas dodol berpadu dengan kesegaran rasa asam buah nanas, Dodol Nanas jadi salah satu pilihan favorit wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Dumai yang belakangan cukup viral di berbagai media sosial. Jangan lupa beli oleh-oleh Dumai ketika berkunjung ke Kota Idaman.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook