Mencari Saranjana, Kota Gaib di Pelosok Kalimantan

Iwan Ceper - Hiburan
Mencari Saranjana

Cakaplagi.com – Belakangan sedang viral tentang Mencari Saranjana, Kota Gaib di Pelosok Kalimantan. Sebuah Thread dari Gina Gusti mendadak trending topik.

Penasaran dengan postingan, Mencari Saranjana, Kota Gaib di Pelosok Kalimantan? Sebuah akun Twitter bernama @GustiGina membuat thread mencuri perhatian.

Di mana dalam postingan itu, pemilik akun Twitter Gusti Gina menulis caption yang berhasil menarik perhatian para pengguna media sosial Twitter.

“Ini adalah kisah perjalananku selama 2 minggu di Kalimantan mencari Saranjana yang konon memiliki peradaban maju penuh misteri. Melawan rasa takut dgn mencari jawaban atas pertanyaanku sendiri.”

“Banyak pertanyaanku tentang kota gaib Saranjana ? Mitos belaka kah atau benar adanya ? Setelah 2 minggu ke sana melakukan perjalanan mencari saranjana, salah satu misteri yang menarik di negeri ini.”

“Aku dapat jawabannya, banyak cerita yang ku dapat dari tiap lokasi penting dan dari 15 saksi hidup yang pernah masuk melihat kotanya dan pulang dengan selamat ke dunia nyata. Bahkan ada yang pulang dengan selamat, tapi dia sempat menjadi “gila” dan dipasung waktu itu.”

“Sekilas info, siapa tau kamu masih asing dengan kata “Saranjana”, bukan sarjana S1 ya. Saranjana itu adalah urban legend dari Kalimantan Selatan. tepatnya di kabupaten kotabaru,” tulis Gusti Gina seperti cakaplagi.com kutip, Selasa (22/8/2023).

Nah, walau begini kelihatannya. Ada cerita yang beredar dimasyarakat bahwa si gunung saranjana nih bukanlah gunung belaka. Tapi melainkan kota maju yang gemerlap. Cerita ini sudah ada sejak lama, secara turun temurun.

Bahkan satu pulau di kabupaten ini sebagian besar pernah mendengar cerita ini. Dari mana cerita itu muncul ? tentu dari mulut ke mulut. Satu peristiwa ke peristiwa lainnya yang terjadi. Tak hanya yang dialami oleh warga lokal, tapi juga pendatang.

Aku pergi ke alun-alun mewawancarai warga secara acak sekitar 20 orang. Pertanyaanku pertama, tahu atau pernah dengar tentang saranjana ? Semua kompak bilang pernah. Bahkan beberapa orang bercerita cukup detail terkait pengalaman mereka.

Termasuk tukang parkir di sana. Beliau bilang memang benar itu saranjana. Setiap ada acara kota, ya “mereka” juga akan turut serta. Acara konser, festival, dan sebagainya.

Penasaran bagaimana kelanjutan dari kisah Gusti Gina, kamu bisa langsung mengunjungi akun Twitter bernama @GustiGina. Semoga bermanfaat!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook