Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Begini Caranya

Iwan Ceper - Kesehatan
Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya

Cakaplagi.com – Sudah tahu bagaimana cara mengatasi asam urat tanpa obat? Begini caranya mengatasi asam urat tanpa obat.

Asam urat adalah kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Asam urat adalah zat sisa yang terbentuk ketika tubuh memecah makanan yang mengandung purin.

Purin adalah zat yang ditemukan dalam berbagai makanan, seperti daging merah, jeroan, seafood, dan kacang-kacangan.

Ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, asam urat dapat membentuk kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kemerahan pada sendi.

Ada beberapa cara untuk mengatasi asam urat tanpa obat. Berikut cakaplagi.com sampaikan beberapa cara mengatasi asam urat tanpa obat:

Minum banyak air

Minum banyak air dapat membantu tubuh untuk membuang asam urat melalui urine. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

Hindari makanan yang mengandung purin tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan yang mengandung purin tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Hindari makanan seperti daging merah, jeroan, seafood, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol.

Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu tubuh untuk menyerap asam urat dan membuangnya melalui urine. Makanan yang mengandung serat tinggi antara lain buah-buahan, sayuran, dan oatmeal.

Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan ideal agar kadar asam urat tetap terkendali.

Mengelola stres

Stres dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik agar kadar asam urat tetap terkendali.

Jika Anda mengalami gejala asam urat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai untuk Anda.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena asam urat dan menjaga kadar asam urat tetap terkendali.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook