Mengenal Fitur Gmail Translate Versi Android dan iOS

Iwan Ceper - Teknologi
Gmail Translate

Cakaplagi.com – Gmail Translate adalah fitur yang memungkinkan pengguna Gmail untuk menerjemahkan email dalam berbagai bahasa.

Fitur ini dapat digunakan untuk menerjemahkan email yang diterima dari orang yang berbicara bahasa yang berbeda, atau untuk menerjemahkan email yang Anda kirim sendiri ke orang yang berbicara bahasa yang berbeda.

Untuk menggunakan Gmail Translate, Anda cukup klik ikon “Translate” yang berada di sebelah kanan atas email. Setelah itu, Anda akan melihat menu yang berisi berbagai bahasa yang dapat dipilih untuk diterjemahkan.

Setelah memilih bahasa yang diinginkan, klik tombol “Translate”. Email Anda akan langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang dipilih.

Gmail Translate dapat digunakan untuk menerjemahkan email dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, Portugis, Rusia, Cina, Jepang, dan Korea, Indonesia.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk menerjemahkan email yang berisi berbagai jenis format teks, seperti teks biasa, teks berformat, dan HTML.

Gmail Translate adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna yang sering berkomunikasi dengan orang yang berbicara bahasa yang berbeda.

Fitur ini dapat membantu Anda untuk memahami email yang Anda terima dari orang yang berbicara bahasa yang berbeda, dan juga untuk menulis email dalam bahasa yang berbeda.

Tips Menggunakan Gmail Translate

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Gmail Translate:

  • Pastikan bahwa Anda memilih bahasa yang benar untuk diterjemahkan. Gmail Translate dapat menerjemahkan email dalam berbagai bahasa, tetapi tidak semua bahasa memiliki kualitas terjemahan yang sama.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kualitas terjemahan yang dihasilkan oleh Gmail Translate, Anda dapat meminta bantuan dari seorang penerjemah profesional.
  • Jangan lupa untuk memeriksa hasil terjemahan sebelum mengirim email. Hal ini penting untuk memastikan bahwa email Anda diterjemahkan dengan benar.

Gmail Translate adalah fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna Gmail. Fitur ini dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan orang yang berbicara bahasa yang berbeda, dan juga untuk belajar bahasa baru.

Gmail Translate Versi Android dan iOS

Fitur baru bernama Gmail translate mulai diterapkan dua hari lalu untuk versi android dan ios. Begitulah bunyi laporan dari 9to5Google.

Laporan tersebut mengonfirmasi bahwa Gmail akhirnya mendapatkan fitur terjemahan, namun ini merupakan perubahan server-side dan telah mulai muncul untuk sejumlah pengguna.

Ini adalah peluncuran bertahap dan akan memakan waktu cukup lama untuk muncul bagi seluruh pengguna. Fitur tersebut muncul di versi 2023.07.23.x.

Jadi, pastikan Anda telah menginstal aplikasi Gmail versi terbaru di ponsel Anda. Penting juga untuk dicatat bahwa fitur tersebut hanya muncul di versi Android saat ini. Versi aplikasi iOS akan mendapatkan fitur ini dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur terjemahan saat ini memungkinkan pengguna memilih salah satu dari 100 bahasa yang tersedia. Selain itu, pop-up banner akan muncul secara otomatis ketika bahasa email tidak sesuai dengan bahasa Gmail.

Namun, ada opsi untuk menerjemahkan seluruh badan email secara manual dengan mengetuk menu overflow tiga titik di pojok kanan atas.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook