Mengenal Google Colaboratory, Manfaat dan Cara Menggunakan

Iwan Ceper - Teknologi
Google Colaboratory

Cakaplagi.com – Google Colaboratory atau yang lebih dikenal dengan Google Colab adalah sebuah platform komputasi ilmiah berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google AI. Platform ini memungkinkan pengguna untuk menulis, menjalankan, dan berbagi kode secara online.

Apa Itu Google Colaboratory?

Google Colaboratory, atau yang lebih dikenal dengan nama Colab, adalah platform berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menulis, menjalankan, dan berbagi kode Python melalui web browser.

Colab sangat cocok untuk keperluan machine learning, analisis data, dan pendidikan. Secara teknis, Colab merupakan layanan notebook Jupyter yang dihosting dan dapat digunakan tanpa penyiapan, serta menyediakan akses tanpa biaya ke resource komputasi termasuk GPU.

Notebook Jupyter adalah dokumen yang menggabungkan kode, teks, dan gambar, dan memungkinkan pengguna untuk mendokumentasikan proses komputasi mereka.

Untuk menggunakan Colab, pengguna hanya perlu memiliki akun Google. Setelah membuat akun, pengguna dapat mengakses Colab melalui situs web Google Colab atau dengan menambahkan ekstensi Colab ke Chrome.

Colab memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk menulis, menjalankan, dan berbagi kode Python.

Manfaat Google Colaboratory

Google Colab hadir dengan berbagai manfaat, antara lain:

  • Gratis dan mudah digunakan. Google Colab sepenuhnya gratis untuk digunakan, dan pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam untuk menggunakannya.
  • Berbasis cloud. Google Colab berbasis cloud, sehingga pengguna dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja.
  • Memiliki berbagai fitur canggih. Google Colab memiliki berbagai fitur canggih, seperti dukungan untuk bahasa pemrograman Python, R, dan JavaScript, serta akses ke berbagai library machine learning.

Cara Menggunakan Google Colab

Untuk menggunakan Google Colab, pengguna perlu memiliki akun Google. Setelah memiliki akun Google, pengguna dapat mengakses Google Colab melalui situs web Google Colab atau melalui Google Drive.

Untuk mengakses Google Colab melalui situs web Google Colab, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web Google Colab.
  2. Klik tombol Start a new notebook.
  3. Pilih bahasa pemrograman yang ingin digunakan.

Untuk mengakses Google Colab melalui Google Drive, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Drive.
  2. Klik tombol New.
  3. Pilih Google Colaboratory.

Setelah mengakses Google Colab, pengguna dapat mulai menulis kode. Kode yang ditulis di Google Colab akan dijalankan di server cloud Google.

Contoh Penggunaan Google Colab

Berikut adalah contoh penggunaan Google Colab untuk menjalankan kode Python:

Python
# Import library
import numpy as np

# Define a function
def add(x, y):
return x + y

# Call the function
print(add(1, 2))

Output dari kode di atas adalah: 3

Google Colab adalah platform komputasi ilmiah yang serbaguna dan mudah digunakan. Platform ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga profesional.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook