Modus Love Scamming, Penipuan Berkedok Cinta

Sulistiyono - Inspirasi
Modus Love Scamming

Cakaplagi.com – Love scamming atau penipuan berkedok asmara adalah modus penipuan yang memanfaatkan perasaan korban untuk mendapatkan keuntungan.

Pelaku akan menggunakan berbagai cara untuk meyakinkan korban bahwa mereka sedang menjalin hubungan asmara, kemudian meminta sejumlah uang atau barang berharga.

Modus love scamming biasanya dimulai dengan pelaku yang mendekati korban di media sosial atau aplikasi kencan. Pelaku akan menggunakan foto palsu atau identitas palsu untuk menarik perhatian korban.

Setelah korban terpikat, pelaku akan mulai merayu korban dengan kata-kata manis dan perhatian yang berlebihan.

Setelah korban merasa nyaman dan percaya, pelaku akan mulai meminta bantuan atau uang.

Pelaku mungkin akan mengaku membutuhkan uang untuk keperluan darurat, seperti biaya pengobatan, biaya perjalanan, atau biaya investasi. Pelaku juga mungkin akan meminta korban untuk membeli barang-barang tertentu.

Korban yang telah terbujuk oleh rayuan pelaku biasanya akan dengan mudah memberikan uang atau barang berharga. Setelah korban memberikan uang atau barang, pelaku akan menghilang dan sulit untuk dihubungi kembali.

Modus Love Scamming

Berikut adalah beberapa modus love scamming yang umum digunakan:

  • Pelaku mengaku sebagai warga negara asing yang sedang bekerja di luar negeri. Pelaku akan mengaku sedang dalam perjalanan bisnis atau bertugas di luar negeri. Pelaku juga mungkin akan mengaku sedang mengalami masalah keuangan dan membutuhkan bantuan dari korban.
  • Pelaku mengaku sebagai korban bencana alam atau perang. Pelaku akan mengaku membutuhkan bantuan dari korban untuk biaya pengobatan atau rekonstruksi.
  • Pelaku mengaku sebagai korban penipuan atau kejahatan lainnya. Pelaku akan mengaku membutuhkan bantuan dari korban untuk memulihkan kerugian yang dialami.

Ada beberapa tips untuk menghindari love scamming, antara lain:

  • Lakukan riset sebelum menjalin hubungan dengan seseorang yang baru dikenal di media sosial atau aplikasi kencan. Periksa identitas pelaku dan pastikan pelaku memang orang yang mengaku.
  • Jangan mudah percaya dengan rayuan manis dan perhatian berlebihan dari seseorang yang baru dikenal. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna.
  • Jangan pernah memberikan uang atau barang berharga kepada seseorang yang baru dikenal.
  • Laporkan kasus love scamming ke pihak kepolisian jika Anda menjadi korban.

Love scamming adalah kejahatan yang merugikan korban. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui modus love scamming dan cara menghindarinya.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook