Mungkinkah Penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023 Masuk Penjara?

Iwan Ceper - Headline, News
Miss Universe Indonesia 2023

Cakaplagi.com – Publik kembali bertanya mungkinkah penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023 masuk penjara? Ini menyusul buntut laporan finalis ke polisi.

Beberapa finalis MUID 2023 mendapat dugaan tindak pelecehan seksual berupa pemotretan saat proses body checking dengan kondisi tanpa busana.

Kejadian ini, membuat beberapa finalis resmi melaporkan ke pihak kepolisian. Adapaun pihak terlapor adalah PT Capella Swastika Karya, penyelenggara Miss Universe Indonesia.

Penasihat hukum para korban dari beberapa finalis MUID 2023, Mellisa mencantumkan bukti-bukti seperti dokumen, foto dan video.

Dalam laporan ke polisi, PT Capella Swastika Karya disangkakan melanggar Pasal 5 dan atau Pasal 6 Undang-Undang Tinda Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) dan Pasal 14 junto Pasal 15 TPKS.

“Kami laporkan orang yang memiliki jabatan di perusahaan yang menaungi Miss Universe Indonesia. Orang yang bisa diminta pertanggungjawaban karena dia sampaikan bahwa ini adalah prosedur, tapi tidak pernah ada dalam prosedur,” ujar dia.

Mellisa berharap Polda Metro Jaya mengungkap kasus ini secara tuntas agar kejadian serupa tak terulang kembali di kemudian hari.

“Siapa saja yang harus bertanggung jawab, siapa saja yang harus dimintakan keterangan, bukti, digital forensik, karena yang namanya transmisi alat elektronik hari gini sangat mudah sekali,” katanya

Kontestan inisial N menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada pihak berwajib. N akui adanya dugaan tindak pidana pelecehan seksual pada saat proses body checking.

“Jadi hari ini saya hadir untuk mengklarifikasikan apa yang dikatakan oleh Ibu Mellisa itu benar ya. Dan untuk selanjutnya saya percaya bahwa dari bagian yang berwenang akan bisa mengungkapkan kebenaran,” ujar dia.

Rio Motret Sebut Poppy Capella Tahu Dugaan Pelecehan

Poppy Capella selaku National Director Miss Universe Indonesia dan juga terlapor di pihak kepolisian mengaku baru tahu adanya dugaan pelecehan seksual dalam ajang Miss Universe Indonesia 2023.

Rio Motret yang pernah ditunjuk sebagai visual director ajang itu pun membantah pernyataan tersebut.

“Dia mengeluarkan statement katanya dia tidak tahu ada kejadian tersebut. Kita punya buktinya bahwa dia tahu,” kata Rio Motret ditemui di Gedung Trans TV pada Rabu (9/8/2023).

Rio juga memiliki bukti kalau sebetulnya Poppy Capella mengetahui adanya body checking dan foto telanjang tersebut.

“Chatting di tanggal yang sama dan dia menanggapi proses foto bugil ini. (Ada indikasi memanipulasi) tentunya,” kata Rio Motret.

Sejauh ini, Rio mengaku belum mendapatkan komunikasi langsung dengan Poppy Capella.

“Sepertinya tidak ada inisiatif dari Mbak PC untuk komunikasi dengan kita,” kata Rio Motret.

Rio juga membantah telah melakukan sesi pemotretan telanjang tersebut. Rio menyebut yang melakukan pemotretan adalah perwakilan dari Miss Universe Indonesia 2023 yang memiliki jabatan sebagai COO.

“Perwakilan dari Miss Universe Indonesia yaitu COO jabatannya. Cewek. Jadi cewek yang melecehkan cewek,” kata Rio.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook