PDI Perjuangan Pertimbangkan Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Sulistiyono - Politik
Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Cakaplagi.com – Duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar membuat PDI Perjuangan mengambil langkah baru untuk menentukan Cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP), Puan Maharani, mengumumkan bahwa partainya akan mengambil langkah-langkah politik baru.

Hal ini dikarenakan adanya deklarasi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Salah satu langkah tersebut adalah melakukan evaluasi ulang terkait pilihan bacawapres yang akan didukung oleh PDI Perjuangan dalam Pilpres mendatang.

Puan memberikan selamat kepada pasangan Anies-Muhaimin atas deklarasi mereka yang berlangsung di Surabaya pada tanggal 2 September 2023.

Sebelumnya, nama Muhaimin, yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sempat masuk dalam daftar kandidat calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo, yang merupakan bakal calon presiden yang didukung oleh PDIP.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada pasangan Anies dan Cak Imin (sebutan akrab Muhammad Iskandar) yang telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden,” kata Puan kepada media setelah menutup acara Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 di Benteng Vastenburg Solo pada Sabtu malam, 2 September 2023.

Puan menyatakan bahwa PDIP akan melakukan penilaian ulang terhadap berbagai kemungkinan yang ada setelah Cak Imin dipastikan akan menjadi pendamping Anies. Hal ini termasuk dalam penentuan nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar.

“Tentu saja, kami harus mempertimbangkan berbagai aspek dan kemungkinan yang nantinya akan menjadi keputusan kami. Kami akan menentukan siapa yang akan menjadi pendamping Mas Ganjar sebagai calon wakil presidennya,” ungkapnya.

Ketika ditanya apakah dari lima nama yang sebelumnya disebutkan telah ada pemilihan yang lebih spesifik, Puan menjawab bahwa pengumuman akan dibuat secepat mungkin. “Kami akan mengumumkannya secepatnya,” ujar Puan.

Cak Imin Masuk Bursa Cawapres Pendamping Ganjar

Sebelumnya, Puan sempat mencantumkan nama Muhaimin Iskandar sebagai salah satu dari lima nama yang dipertimbangkan sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

“Pada saat itu, lima nama telah mengerucut, salah satunya adalah Cak Imin,” kata Puan setelah menghadiri perayaan Hari Lahir ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada hari Minggu, 23 Juli 2023.

Empat nama lain yang disebutkan oleh Puan pada saat itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Anies Baswedan adalah bacapres pertama yang mengumumkan pendampingnya untuk Pilpres 2024, setelah Partai NasDem bergabung dengan PKB.

Masuknya PKB dan penunjukan Muhaimin sebagai calon wakil presiden membuat Koalisi Perubahan, yang mendukung Anies, mengalami goncangan.

Partai Demokrat, sebagai anggota koalisi, memutuskan untuk keluar karena merasa kecewa. Pasalnya, Anies Baswedan sebelumnya telah memilih AHY sebagai calon wakil presiden tanpa memberi tahu langsung, melainkan melalui perantara Tim 8 Sudirman Said.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook