Inilah Perbedaan Pembelajaran Andragogi dan Pedagogi

Iwan Ceper - Inspirasi
Perbedaan Pembelajaran Andragogi dan Pedagogi

Cakaplagi.com – Sudah tahu apa saja perbedaan pembelajaran andragogi dan pedagogi? Jika belum, inilah perbedaan pembelajaran pedagogi dan andragogi.

Pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Melalui pembelajaran, manusia dapat mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Dalam dunia pendidikan, terdapat dua pendekatan pembelajaran yang umum digunakan, yaitu pedagogi dan andragogi. Kedua pendekatan ini memiliki perbedaan yang mendasar, terutama dalam hal karakteristik peserta didik dan peran guru.

Pedagogi

Pedagogi merupakan pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk peserta didik anak-anak. Pendekatan ini berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik.

Dalam pendekatan pedagogi, guru memiliki peran utama dalam memimpin proses pembelajaran. Guru bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Peserta didik dalam pendekatan pedagogi memiliki peran yang lebih pasif, yaitu mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Andragogi

Andragogi merupakan pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk peserta didik orang dewasa. Pendekatan ini berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

Dalam pendekatan andragogi, peserta didik memiliki peran yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mereka sendiri. Guru dalam pendekatan andragogi berperan sebagai fasilitator dan mentor.

Perbedaan antara Andragogi dan Pedagogi

Berikut ini adalah tabel perbedaan antara andragogi dan pedagogi:

Aspek Andragogi Pedagogi
Karakteristik peserta didik Orang dewasa Anak-anak
Peran guru Fasilitator dan mentor Pemimpin pembelajaran
Fokus pembelajaran Kebutuhan dan minat peserta didik Pengajaran dan pembelajaran
Metode pembelajaran Berpusat pada peserta didik Berpusat pada guru
Strategi pembelajaran Kooperatif, kolaboratif, dan partisipatif Direktif dan instruksional

Kesimpulan

Andragogi dan pedagogi merupakan dua pendekatan pembelajaran yang memiliki perbedaan yang mendasar. Pilihan pendekatan pembelajaran yang tepat akan bergantung pada karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran.

Pembelajaran pedagogi cocok untuk peserta didik anak-anak yang masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru. Sedangkan pembelajaran andragogi cocok untuk peserta didik orang dewasa yang memiliki kebutuhan dan minat belajar yang berbeda-beda.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook