Polda Riau Tetapkan Dua Tersangka Ledakan Kilang Pertamina Dumai

Sulistiyono - Headline
Dua Tersangka Ledakan Kilang Pertamina Dumai

Cakaplagi.comPolda Riau tetapkan dua orang tersangka dalam kasus ledakan yang terjadi di dalam Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai.

Kedua orang yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Riau dalam ledakan di dalam Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai, bekerja sebagai pemeriksa ketebalan pipa.

Penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau telah menetapkan dua individu sebagai tersangka dalam kasus ledakan yang terjadi di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Kota Dumai.

Kedua tersangka dikenal dengan inisial M dan IR, dan tugas utama mereka adalah melakukan pemeriksaan ketebalan pipa yang ada di dalam Kilang Pertamina Internasional.

Menurut Kombes Pol Asep Darmawan, Direktur Reskrimum Polda Riau, kedua tersangka ini dianggap bertanggung jawab atas peristiwa ledakan yang terjadi pada malam Sabtu, 1 April 2023, di Kilang tersebut.

Keduanya merupakan pegawai dari sebuah kontraktor atau perusahaan rekanan yang bekerja sama dengan KPI RU II Dumai.

Asep menjelaskan bahwa kedua tersangka telah dipanggil untuk memberikan keterangan mengenai peran mereka dalam kejadian ini.

Mereka memiliki jabatan sebagai pelaksana pekerjaan yang terlibat dalam kegiatan pembongkaran di area yang diduga sebagai sumber kebocoran yang menyebabkan ledakan tersebut.

Asep juga menekankan bahwa kemungkinan adanya penambahan tersangka dalam kasus ini tidak diabaikan.

Dia menyatakan, “Nanti dari hasil koordinasi dengan jaksa, apabila ada perkembangan dalam penyelidikan, kemungkinan akan ada tersangka lain yang ditetapkan.”

Dalam upaya pengungkapan kasus ini, pihak kepolisian telah memeriksa beberapa saksi, termasuk menggandeng ahli dari Pusat Labfor Polri. Hal ini dilakukan untuk lebih mendalam dan mencari tahu penyebab pasti dari ledakan di kilang tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ledakan terjadi di Kilang Pertamina Internasional RU II di Kota Dumai, Provinsi Riau, pada malam Sabtu, 1 April 2023.

Kejadian ini mengakibatkan kerusakan pada beberapa rumah warga dan masjid sekitar. Kaca rumah warga pecah dan dinding masjid mengalami keretakan. Beberapa individu juga mengalami luka-luka akibat dampak ledakan tersebut.

Sebelumnya, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, telah menyatakan komitmennya untuk menginvestigasi kasus ini secara serius dan mendalam, termasuk meneliti apakah ada unsur kelalaian atau unsur kesengajaan yang terlibat dalam peristiwa tragis ini.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook