Polres Dumai Gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

Iwan Ceper - News
Polres Dumai Gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

Cakaplagi.comPolres Dumai gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 dalam rangka pengamanan dan memantau arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 berlangsung di Halaman Polres Dumai, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Dumai, Rabu (3/4/2024).

Ada sekitar 128 personel Polres Dumai akan diterjunkan untuk berjaga di 2 Pos Pengamanan dan 3 Pos Pelayanan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.

Adapun penempatannya adalah Pos Pengamanan Dumai Islamic Center (DIC), Pos Pengamanan Gerbang Tol Dumai – Pekanbaru, Pos Pelayanan Terminal AKAP.

Kemudian, Pos Pelayanan Pelabuhan Internasional Pelindo I Cabang Dumai dan Pos Pelayanan Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan Kota Dumai.

Penempatan petugas ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur Lebaran. Dan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianto selaku pemimpin apel gelar pasukan menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tentang sinergi antara TNI-Polri dengan stakholder terkait.

“Sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan arus mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sangatlah penting,” katanya.

Kata pria yang lahir di Ponorogo, Jawa Timur ini, survei indikator menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 meningkat menjadi 89,5 persen.

“Jumlah tersebut mengalami kenaikan mencapai 15,7 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan apresiasi masyarakat atas upaya bersama dalam pengamanan arus mudik yang perlu ditingkatkan,” katanya.

Kata Dhovan, Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 berlangsung selama 13 hari terhitung mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Operasi ini menyasar pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, yang tersebar di jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

Selain mengamankan arus lalu lintas dan situasi Kamtibmas, Polri juga mengintensifkan kegiatan patroli guna menjamin stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta Bahan Bakar Minyak (BBM) agar tetap terjaga.

Koordinasi antar-stakeholder juga terus ditingkatkan guna menjaga stok dan harga tetap stabil.

Komunikasi publik yang efektif juga menjadi fokus, dengan menyediakan informasi yang diperlukan melalui berbagai saluran komunikasi agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman.

Semua upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan “mudik aman, ceria, penuh makna”, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, Polri mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergi antar-stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.”

Polres Dumai juga mengintensifkan pelaksanaan patroli dan kegiatan pengamanan guna menjaga situasi Kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat dengan sasaran 81 Masjid Prioritas, 4 Kawasan Wisata, 2 Mall, Jalan Tol Dumai – Pekanbaru, Terminal AKAP dan 2 Pelabuhan.

 

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook