Profil Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri ATR di Kabinet Indonesia Maju

Sulistiyono - Politik
Profil Agus Harimurti Yudhoyono

Cakaplagi.com – Ini profil Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri ATR di Kabinet Indonesia Maju yang dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu (21/2/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Agus Hari Murti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN. AHY merupakan putra sulung Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dia juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. Pria kelahiran 10 Agustus 1978 itu dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono dari pernikahan dengan Annisa Larasati Pohan.

Agus merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 2000 dan menerima penghargaan Adhi Makayasa. AHY melanjutkan pendidikannya di US Army Maneuver Captain Career Course di Fort Benning, Amerika Serikat pada 2011.

Kemudian US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat pada 2015.

Agus diberhentikan dengan hormat karena mengundurkan diri dari TNI pada 2016 lalu. Agus saat itu berpangkat Mayor.

Dia kemudian mengikuti kontestasi Pilgub DKI pada 2017. Ada 3 pasangan calon yakni Anies Baswedan berpasangan dengan Sandiaga Uno, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Djarot Syaiful Hidayat, dan AHY bersama Silviana Murni.

Namun, saat itu, suara yang diraup AHY-Sylviana Murni jauh tertinggal dari kompetitornya dalam Pilgub DKI 2017. Pilgub DKI pun mengalami putaran kedua antara Anies-Sandi dan Ahok-Djarot.

Pada 2020 AHY resmi menjadi Ketum Partai Demokrat 2020-2025. Ia menggantikan ayah kandungnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). AHY terpilih secara aklamasi oleh seluruh peserta Kongres di JCC Senayan, Jakarta.

Pelantikan AHY Jadi Menteri ATR

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah tiba di Istana Negara Jakarta, Rabu pagi, didampingi istri Annisa Pohan, untuk menjalani pelantikan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

AHY sudah berada di dalam Istana Negara saat wartawan masuk ke dalam ruang pelantikan sekitar pukul 10.30 WIB.

Ia tampak mengenakan setelan pakaian sipil lengkap berupa jas hitam, celana hitam dan kopiah hitam.

AHY akan dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN oleh Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Pribadi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ossy Dermawan menyampaikan bahwa AHY sudah meminta restu sang ayah SBY untuk dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

“Tadi malam, Mas AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/Kepala BPN,” kata Ossy melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan.

Menurut Ossy, SBY tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menteri ATR Itu Apa?

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah pembantu presiden yang memimpin Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kementerian ini bertanggung jawab atas urusan agraria, pertanahan, dan tata ruang di seluruh wilayah Indonesia.

Tugas dan Fungsi Menteri ATR:

  • Menetapkan kebijakan di bidang agraria dan tata ruang.
  • Melaksanakan pengelolaan dan penataan ruang.
  • Melaksanakan pendaftaran tanah.
  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan penyelesaian konflik agraria.
  • Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan kawasan perdesaan.
  • Melaksanakan tugas dan fungsi lain di bidang agraria dan tata ruang yang diberikan oleh Presiden.

Menteri ATR saat ini:

Menteri ATR saat ini adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Beliau dilantik pada 21 Februari 2024 menggantikan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto.

Beberapa program prioritas Kementerian ATR/BPN:

  • Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)
  • Reforma Agraria
  • Penataan Ruang
  • Bank Tanah

Itulah tadi informasi tentang profil Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri ATR yang dilantik Presiden Indonesia Joko Widodo, menggantikan posisi Hadi Tjahjanto.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook