Puncak Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Mulai 5-8 April

Iwan Ceper - Bisnis
Arus Balik Ganjil Genap

Cakaplagi.com – Berikut informasi tentang puncak mudik Lebaran 2024 yang diprediksi berlangsung mulai tanggal 5-8 April 2024 mendatang.

Momen Lebaran 2024 semakin dekat, diperkirakan jatuh pada tanggal 10-11 April. Tradisi mudik pun bersiap mewarnai momen spesial ini.

Tahun ini, prediksi jumlah pemudik melonjak drastis, mencapai 193,6 juta orang, menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Angka ini meningkat lebih dari 50% dibandingkan tahun 2023 (123,8 juta).

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 5-8 April, dan arus balik pada 13-16 April. Untuk mengurai kemacetan, pemerintah mengimbau beberapa hal:

1. Mudik Lebih Awal: Hindari puncak arus mudik dengan berangkat lebih awal.

2. Periksa Kendaraan dan Barang Bawaan: Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak jalan. Periksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan perhatikan batas muatan barang bawaan.

3. Manfaatkan Mudik Gratis: Pemerintah menyediakan mudik gratis untuk meringankan beban pemudik.

4. Bijak Memilih Moda Transportasi: Pertimbangkan risiko dan waktu tempuh saat memilih moda transportasi.

5. Istirahat Singkat di Rest Area: Batasi waktu istirahat di rest area maksimal 30 menit untuk kelancaran arus lalu lintas.

6. Hindari Mudik dengan Sepeda Motor: Demi keselamatan, pertimbangkan moda transportasi lain yang lebih aman.

7. Patuhi Aturan Lalu Lintas: Selalu patuhi rambu-rambu dan aturan lalu lintas untuk menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya.

Mudik Lebaran adalah momen penuh sukacita untuk berkumpul bersama keluarga. Dengan persiapan matang dan kepatuhan terhadap aturan, perjalanan mudik akan terasa lebih nyaman dan aman. Selamat mudik!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook