Rumus Volume Tabung, Begini Cara Menghitungnya

Iwan Ceper - Inspirasi

Cakaplagi.com – Sudah tahu rumus volume tabung? Jika belum, berikut adalah cara menghitung dalam rumus volume tabung yang mudah.

Rumus volume tabung adalah suatu persamaan matematis yang digunakan untuk menghitung volume dari sebuah tabung.

Tabung merupakan suatu bentuk tiga dimensi yang terdiri dari dua lingkaran identik yang sejajar dan permukaan melengkung yang menghubungkan kedua lingkaran tersebut.

Untuk menghitung volume tabung, cukup substitusi nilai jari-jari (r) dan tinggi (h). Hasilnya akan diberikan dalam satuan kubik, seperti sentimeter kubik atau meter kubik, tergantung pada satuan yang digunakan untuk jari-jari dan tinggi.

Rumus Volume Tabung

Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki dua buah sisi berupa lingkaran yang sejajar dan sebidang, dan selimut yang berbentuk silinder. Volume tabung adalah banyaknya ruang yang terisi oleh tabung tersebut.

Beriku cara untuk menghitung volume tabung adalah:

V = πr²h

Keterangan:

  • V adalah volume tabung
  • π adalah konstanta yang bernilai 3,14
  • r adalah jari-jari tabung
  • h adalah tinggi tabung

Contoh:

Sebuah tabung memiliki jari-jari 5 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume tabung tersebut?

Penyelesaian:

V = πr²h = 3,14 × 5² × 10 = 785 cm³

Jadi, volume tabung tersebut adalah 785 cm³.

Volume tabung dapat digunakan untuk menghitung banyak benda yang dapat ditampung oleh tabung tersebut. Misalnya, volume tabung dapat digunakan untuk menghitung banyak air yang dapat ditampung oleh sebuah botol air minum.

Volume tabung juga dapat digunakan untuk menghitung banyak bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat sebuah tabung. Misalnya, volume tabung dapat digunakan untuk menghitung banyak kertas yang dibutuhkan untuk membuat sebuah karton.

Volume tabung adalah salah satu konsep matematika yang penting yang dapat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook