Runner UP Terbaik AFC U23, Sejarah Baru Timnas Indonesia

Sulistiyono - Olahraga
Timnas Indonesia

Cakaplagi.com – Timnas Indonesia U-23 berhasil menciptakan sejarah baru. Garuda Nusantara berhasil memastikan diri lolos ke putaran Final Piala Asia U-23 2024.

Kepastian ini didapatkan Timnas Indonesia setelah pertandingan melawan Turkmenistan kemarin malam. Anak asuh Shin Tae-yong berhasil menang dengan skor 2-0 pada laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo.

Tambahan tiga poin ini membuat Timnas Indonesia mengumpulkan total enam poin dari dua laga. Sehingga Indonesia menjadi juara grup K dan berhasil lolos ke Qatar pada tahun depan.

Indonesia jadi wakil ASEAN kedua yang loloh ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Lantas bagaimana hasil wakil ASEAN lainnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Vietnam Jadi yang Pertama

Timnas Vietnam U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 dari zona ASEAN.

Tergabung di grup C, Vietnam mengunci kelolosan mereka di akhikr pekan kemarin. Setelah mereka mengalahkan Yamen dengan skor 0-1.

Mereka dipastikan mengunci status juara grup C sehingga mereka lolos duluan ke putaran final.

Singapura Gagal Lolos

Timnas Singapura U-23 harus melupakan mimpi mereka untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Sama-sama tergabung di grup C dengan Vietnam, Singapura sebenarnya berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2. Namun sayang hasil itu tidak cukup untuk membawa mereka posisi runner up.

Pasalnya Yamen berhasil menang 5-1 atas Guam sehingga mereka mengoleksi enam poin, sementara Singapura hanya mengumpulkan dua poin.

Thailand Sempurna

Wakil ASEAN ketiga yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 adalah timnas Thailand.

Tergabung di grup H, Thailand tampil sempurna. DI dua pertandingan pertama, mereka menang 5-0 atas Filipina dan menang 0-3 melawan Bangladesh.

Timnas Thailand butuh minimal hasil imbang kontra Malaysia di pertandingan terakhir grup H. Namun Gol tunggal Yotsakorn Burapha membawa Thailand menang 1-0 atas Malaysia dan mereka lolos ke putaran final sebagai juara grup H.

Malaysia Nyaris Tersingkir

Meski kalah dari timnas Thailand di partai pamungkas grup H, Malaysia masih punya asa untuk lolos ke putaran final sebagai runner up terbaik.

Ada empat slot runner up terbaik yang akan lolos ke putaran final di Qatar. Kalah dari Thailand membuat Malaysia menduduki runner up grup H, dan mereka punya kans yang bagus untuk jadi runner up terbaik.

Sebagai informasi, tiebreaker untuk penentuan runner up terbaik pertama adalah poin, lalu selisih gol, jumlah gol yang dicetak, poin kedisiplinan dan undian. Untuk grup yang jumlah timnya ada empat, maka hasil melawan tim juru kunci tidak dihitung.

Kebetulan, Timnas Malaysia dan timnas Iran sama-sama mengoleksi tiga poin dalam klasemen runner up terbaik. Selisih gol kedua negara sama-sama +3 gol, dan kedua tim sama-sama mencetak 4 gol di fase grup.

Beruntung bagi Malaysia, jumlah kartu yang mereka dapatkan tidak sebanyak yang didapatkan oleh Irak. Alhasil Malaysia menempati peringkat keempat di klasemen runner up.

Daftar Juara Grup Kualifikasi Piala AFC U-23 2024

Grup A: Yordania
Grup B: Korea Selatan
Grup C: Vietnam
Grup D: Jepang
Grup E: Uzbekistan
Grup F: Irak
Grup G: Uni Emirat Arab
Grup H: Thailand
Grup I: Australia
Grup J: Arab Saudi
Grup K: Indonesia

Daftar Runner Up Terbaik AFC 2023

Berikut adalah daftar runner up terbaik AFC 2023 yang akan lolos dengan 12 juara grup ke Qatar.

1. Kuwait (4 poin dan selisih gol 6-2)
2. Tajikistan (4 poin dan selisih gol 3-2)
3. China (4 poin dan selisih gol 2-1)
4. Malaysia (3 poin dan selisih gol 4-1)
5. Iran (3 poin dan selisih gol 4-1)
6. Turkmenistan (3 poin dan selisih gol 4-2)
7. Yaman (3 poin dan selisih gol 3-1)
8. Oman (3 poin dan selisih gol 2-1)
9. Palestina (3 poin dan selisih gol 1-1)
10. Kirgistan (1 poin dan selisih gol 1-2)
11. Kamboja (1 poin dan selisih gol 3-8)

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook