Siapa Dito Mahendra? Pemilik Senpi Ilegal yang Ditangkap Polisi

Iwan Ceper - News
Polisi Tangkap Dito Mahendra di Bali

Cakaplagi.com – Nama Dito Mahendra kembali mencuat ke publik. Tersangka kepemilikan senpi ilegal yang buron empat bulan itu resmi ditangkap polisi di Bali.

Bareskrim Polri berhasil menangkap Dito Mahendra, tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api (senpi) ilegal yang sempat buron empat bulan.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandani Rahardjo Puro penangkapan Dito berlangsung pada hari ini, Jumat (8/9/2023).

Lantas siapa sebenarnya Dito Mahendra? Kenapa namanya seviral ini? Berikut adalah informasi tentang tersangka dugaan kasus senpi ilegal tersebut.

Nama Dito Mahendra sendiri mencuat ketika bermasalah dengan artis Nikita Mirzani. Dito melaporkan Nikita Mirzani ke Polresta Serang Kota pada 16 Mei 2022 atas dugaan kasus pencemaran nama baik.

Kasus ini bermula dari unggahan Instagram story Nikita Mirzani yang berisi dua foto Dito yang diambil dari Google dan situs berita. Ketika itu Nikita menuliskan kata-kata yang diduga mengandung unsur penghinaan.

Selanjutnya Penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota hendak menjemput paksa Nikita di rumahnya pada 15 Juni 2022 namun saat itu Nikita enggan keluar. Sore harinya Nikita menyambangi Polresta Serang Kota.

Kemudian pada Juli 2022, Nikita ditangkap saat berada di pusat perbelanjaan kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Kala itu penangguhan penahanan Nikita dikabulkan sehingga ia hanya menjalani wajib lapor.

Selama berkonflik dengan Nikita Mirzani, Dito Mahendra tak pernah memperlihatkan batang hidungnya dan hanya melimpahkan kepada kuasa hukumnya, Yafet Rissy.

Namun rupanya terungkap, Dito Mahendra kala itu tengah diburu setelah dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan kasus temuan 15 pucuk senjata api ilegal di rumahnya di Jakarta Selatan.

Kejadian itu bermula dari penggeledahan yang dilakukan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Maret 2023.

Pada saat itu, Nikita Mirzani mengunggah tangkapan layar headline yang menampilkan judul ‘Kabur, Dito Mahendra Diburu dan Akan Langsung Ditangkap Bareskrim’.

“Dito, Dito, Dito si****** yang ngaku punya Taman Mini, yang istri sirinya namanya Nindy Ayunda si tukang playing victim yang hidupnya penuh du*** ******* sok-sokan lagi.” ucap Nikita kala itu.

Kabar Dito tersangka dikonfirmasi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani kepada jurnalis di Jakarta, Senin 17 April 2023 lalu.

Sebelum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka, KPK menemukan 15 senjata api saat menggeledah kediaman Mahendra Dito S alias Dito Mahendra pada Senin, 13 Maret 2023.

Penggeledahan berkaitan dengan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan Sekretaris MA Nurhadi.

“Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. 5 pistol berjenis glock, satu pistol S&W, satu pistol kimber micro, serta 8 senjata api laras panjang,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Kesembilan senpi ilegal dijadikan barang bukti dalam perkara yang ditangani oleh Dittipidum Bareskrim Polri terkait dugaan pelanggaran tindak pidana Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook