Siapa Lamine Yamal? Pencetak Gol Termuda di Kualifikasi Euro

Sulistiyono - Olahraga
Lamine Yamal

Cakaplagi.com – Lamine Yamal menjadi pemain termuda dalam sejarah Timnas Spanyol ketika masuk sebagai pemain pengganti di kualifikasi Euro 2024.

Lamine Yamal memecahkan rekor sebelumnya yaitu 17 tahun dan 62 hari yang dibuat oleh rekan setimnya di FC Barcelona, ​​​​Gavi, pada tahun 2021.

Yamal baru bermain lima kali untuk Barcelona di La Liga dan tidak mampu mencetak gol (namun membuat 2 assist dari empat laga musim ini), saat melakukan debut internasionalnya pada Jumat malam itu.

Masuk sebagai pemain pengganti (untuk Dani Olmo) pada menit ke-44, Yamal dengan tenang menyelesaikan umpan tarik Nico Williams untuk mencatatkan namanya dalam buku sejarah, setengah jam setelah masuk lapangan.

“Saya merasa cukup nyaman sejak awal. Nico yang mengatur semuanya,” kata Yamal seperti dikutip laman uefa.com.

“Dia melepaskan umpan yang membuat saya bisa satu lawan satu dengan kiper. Saya hanya menembak sesuai perintah tubuh dan jiwa. Itu saja!” Ketenangan bermain Lamine Yamal ternyata sudah jauh melampaui usianya.

Lamine Yamal Nasraoui Ebana adalah pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai penyerang untuk klub La Liga Barcelona dan tim nasional Spanyol.

Dia lahir di Mataró, Spanyol, pada 13 Juli 2007. Dia memulai karir sepak bolanya di klub lokal Mataró CF sebelum bergabung dengan akademi muda Barcelona pada tahun 2017.

Yamal adalah pemain yang berbakat dan serba bisa. Dia bisa bermain sebagai penyerang tengah, penyerang sayap, atau gelandang serang. Dia memiliki kecepatan, dribbling, dan finishing yang bagus.

Dia telah naik pangkat melalui jajaran akademi Barcelona dan saat ini bermain untuk tim Juvenil A. Dia telah membuat beberapa penampilan untuk tim pertama Barcelona, ​​termasuk dalam pertandingan pra-musim melawan Inter Milan dan Real Madrid.

Yamal juga merupakan pemain internasional Spanyol. Dia telah bermain untuk tim U-15 dan U-16. Dia mencetak gol dalam debutnya untuk tim U-16 melawan Bosnia dan Herzegovina pada tahun 2021.

Lamine Yamal adalah pemain yang berbakat dan menjanjikan. Dia memiliki masa depan yang cerah di dunia sepak bola. Mari kita lihat apa yang bisa dia capai di tahun-tahun mendatang.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook