Siapa Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini? Ini Sosoknya

Rahmad - Inspirasi
Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini

Cakaplagi.com – Lagu Ibu Kita Kartini merupakan salah satu lagu nasional terpopuler di Indonesia yang selalu dikumandangkan setiap Hari Kartini, yaitu tanggal 21 April.

Lagu ini membangkitkan semangat dan rasa hormat terhadap perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

Namun, tahukah Anda siapa pencipta lagu “Ibu Kita Kartini”?

Lagu ini diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman, atau yang lebih dikenal dengan W.R. Supratman, seorang maestro musik dan pahlawan nasional Indonesia.

Beliau terinspirasi untuk menciptakan lagu ini setelah meliput Kongres Wanita Indonesia I di Yogyakarta pada tanggal 22-25 Desember 1928.

Lagu Ibu Kita Kartini pertama kali dinyanyikan pada Kongres Pemuda II di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928. Sejak saat itu, lagu ini menjadi salah satu lagu wajib nasional yang dinyanyikan dalam berbagai acara resmi dan perayaan Hari Kartini.

Berikut beberapa fakta menarik tentang W.R. Supratman dan lagu “Ibu Kita Kartini”:

  • W.R. Supratman juga merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya”.
  • Lagu “Ibu Kita Kartini” memiliki melodi yang indah dan mudah diingat, sehingga mudah dipelajari dan dinyanyikan oleh semua kalangan.
  • Lirik lagu “Ibu Kita Kartini” mengandung pesan moral yang kuat tentang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita.
  • Lagu ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya peran wanita dalam pembangunan bangsa.

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini merupakan lagu wajib nasional yang selalu dikumandangkan pada peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Lagu ini diciptakan oleh maestro musik Indonesia, Wage Rudolf Supratman, dan terinspirasi oleh perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memajukan pendidikan perempuan di Indonesia.

Berikut adalah lirik lengkap Lagu Ibu Kita Kartini:

Ibu Kita Kartini

Ibu kita Kartini Putri sejati Putri Indonesia Harum namanya

Reff: Ibu kita Kartini Wujud mulia Singkat namun nyata Karyanya nyata

Ibu kita Kartini Tiada bandingnya Dengan semangatnya Yang tak terhingga

Reff: Ibu kita Kartini Wujud mulia Singkat namun nyata Karyanya nyata

Ibu kita Kartini Rela berjuang Demi cita-cita Ibu pertiwi

Reff: Ibu kita Kartini Wujud mulia Singkat namun nyata Karyanya nyata

Lagu ini bukan hanya berisi melodi yang indah, tetapi juga sarat makna. Liriknya menceritakan tentang sosok Kartini yang mulia dan berjasa besar bagi bangsa Indonesia. Kartini digambarkan sebagai putri sejati Indonesia yang memiliki semangat juang yang tinggi untuk memajukan pendidikan perempuan.

Perjuangan Kartini tidak sia-sia. Kini, perempuan Indonesia telah memiliki banyak kesempatan untuk mengenyam pendidikan dan berkarya di berbagai bidang.

Lagu Ibu Kita Kartini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus meneruskan cita-cita Kartini dalam membangun bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera.

Marilah kita jadikan Hari Kartini sebagai momentum untuk introspeksi diri dan meningkatkan kualitas diri, sehingga kita dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kesimpulannya, lagu “Ibu Kita Kartini” merupakan karya cipta W.R. Supratman yang patut kita hargai dan lestarikan. Lagu ini menjadi simbol perjuangan R.A. Kartini dan semangat emansipasi wanita di Indonesia.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook