Siapa Wataru Endo? Pemain Bola Jadi Incaran Liverpool

Wataru Endo

Cakaplagi.com – Belakangan Liverpool masih gencar mencari pemain tambahan di bursa transfer musim panas dan sosok Wataru Endo dari Stuttgart jadi incarannya.

Sekarang Liverpool membutuhkan seorang gelandang bertahan, hengkangnya Fabinho, Jordan Henderson, hingga Naby Keita yang bisa tampil di posisi tersebut.

Wataru Endo memiliki posisi sebagai gelandang bertahan cukup tepat untuk Liverpool. Apa lagi, Liverpool gagal dalam perebutan Moises Caicedo yang akhirnya memilih bergabung ke Chelsea.

Pakar transfer asal Italia, Fabrizio Romano, mengungkapkan bahwa Liverpool telah memberikan tawaran resmi kepada Stuttgart untuk mendatangkan Wataru Endo.

Negosiasi lebih lanjut sudah dilakukan antara kubu Liverpool dengan Stuttgart, Wataru Endo dikabarkan juga telah sepakat pindah ke Liverpool karena ini menjadi kesempatan besar dalam kariernya.

“Liverpool mengajukan tawaran resmi untuk mengontrak gelandang Jepang Wataru Endo dengan kontrak permanen,” tulis Fabrizio Romano di akun Twitter miliknya.

“Negosiasi sedang berlangsung dengan Stuttgart, sang pemain menginginkan langkah tersebut sebagai peluang terbesar dalam kariernya,” tulis Fabrizio Romano menambahkan.

Lebih lanjut menurut Fabrizio Romano, kabarnya Wataru Endo merupakan pemain yang disarankan langsung oleh Direktur Olahraga Liverpool asal Jerman, Jorg Schmadtke di bursa transfer musim panas ini.

“Langkah mengejutkan oleh direktur (olahraga) Liverpool Schmadtke,” tulis Fabrizio Romano.

Kedatangan Wataru Endo diharapkan mampu menutup celah di lini tengah Liverpool, yang dinilai belum maksimal setelah kepergian para pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menurunkan Alexis MacAllister, Dominik Szoboszlai, dan Cody Gakpo di posisi gelandang saat menghadapi Chelsea di laga perdana Liga Inggris 2023-2024.

Alexis MacAllister yang tampil sedikit ke belakang, dinilai kurang leluasa karena tidak bermain di posisi aslinya yang bisa lebih bebas membantu menyerang.

Wataru Endo adalah pemain asal Jepang berusia 30 tahun, yang memiliki posisi utama sebagai gelandang bertahan, meski juga bisa tampil sebagai gelandang tengah, hingga bek tengah.

Wataru Endo mengawali kariernya sebagai pemain profesional bersama Shonan Bellmare pada 2010-2011, sebelum akhirnya bergabung ke Urawa Red Diamonds pada 2016.

Selanjutnya pemain kelahiran Yokohama, Jepang, bergabung dengan klub asal Belgia, Sint-Truiden pada 2018. Semusim kemudian Stuttgart meminjamnya, dan kemudian mempermanenkannya pada Juli 2020.

Musim 2022-2023 lalu Wataru Endo tampil dalam 40 pertandingan bersama Stuttgart di semua posisi, dengan sumbangan enam gol dan lima assist.

Siapa Itu Wataru Endo?

Wataru Endo adalah pemain sepak bola profesional asal Jepang yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Bundesliga VfB Stuttgart dan tim nasional Jepang.

Endo lahir di Yokohama, Kanagawa, Jepang pada 9 Februari 1993. Dia memulai karir sepakbolanya di klub lokal Yokohama FC pada tahun 2011.

Pada tahun 2012, dia bergabung dengan klub J2 League Shonan Bellmare. Dia membuat 29 penampilan untuk Shonan Bellmare selama dua musim, sebelum bergabung dengan klub J1 League Urawa Reds pada tahun 2014.

Endo bermain untuk Urawa Reds selama empat musim, dan memenangkan Piala Suruga Bank pada tahun 2016. Pada tahun 2018, dia bergabung dengan klub Bundesliga VfB Stuttgart.

Dia telah menjadi pemain penting bagi Stuttgart sejak bergabung, dan membantu mereka finis di posisi ke-15 di Bundesliga pada musim 2021-22.

Endo juga merupakan anggota tim nasional Jepang. Dia telah membuat 11 penampilan untuk Jepang, dan termasuk dalam skuad mereka untuk Piala Dunia FIFA 2022.

Berikut cakaplagi.com sampaikan biodata lengkap Wataru Endo, yang belakangan sedang menjadi incaran Liverpool:

  • Nama lengkap: Wataru Endo
  • Tempat lahir: Yokohama, Kanagawa, Jepang
  • Tanggal lahir: 9 Februari 1993
  • Usia: 30 tahun
  • Posisi: Bek tengah
  • Klub saat ini: VfB Stuttgart
  • Tinggi: 1,78 m
  • Berat: 75 kg
  • Karier klub:
    • Yokohama FC (2011-2012)
    • Shonan Bellmare (2012-2014)
    • Urawa Reds (2014-2018)
    • VfB Stuttgart (2018-sekarang)
  • Karier internasional:
    • Tim nasional Jepang U-19 (2012)
    • Tim nasional Jepang U-23 (2015-2016)
    • Tim nasional Jepang (2015-sekarang)

Endo adalah pemain yang tangguh dan ulet. Dia memiliki kemampuan passing yang baik dan juga bisa mencetak gol. Dia adalah pemain penting bagi baik klub dan negaranya.

 

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook