Simak 5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Iwan Ceper - Kesehatan
Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Cakaplagi.com – Sudah tahu apa tanda tubuh kekurangan protein? Jika belum, simak tanda-tanda tubuh kekurangan protein pada artikel ini sampai selesai.

Protein merupakan salah satu makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara jaringan, otot, dan tulang.

Kekurangan protein dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan penting untuk mengetahui tanda-tandanya agar dapat segera diatasi.

Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Berikut adalah 5 tanda tubuh kekurangan protein yang harus Anda ketahui:

1. Rambut dan Kuku Rapuh

Protein merupakan komponen penting dalam struktur rambut dan kuku. Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok, kering, dan kusam, serta kuku rapuh dan mudah patah.

2. Sering Sakit

Protein berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Kekurangan protein dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan infeksi lainnya.

3. Mudah Lelah dan Lemas

Protein membantu tubuh memproduksi energi. Kekurangan protein dapat menyebabkan kelelahan kronis, kelemahan otot, dan kurangnya stamina.

4. Kesulitan Membentuk Otot

Protein merupakan bahan baku utama untuk membangun otot. Kekurangan protein dapat membuat Anda sulit membentuk otot, bahkan bisa menyebabkan kehilangan massa otot.

5. Pembengkakan di Kaki dan Pergelangan Kaki

Protein membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kekurangan protein dapat menyebabkan albumin dalam darah rendah, yang dapat menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tubuh Kekurangan Protein ?

Jika Anda mengalami beberapa tanda di atas, ada kemungkinan Anda kekurangan protein. Untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan asupan protein:

Konsumsi protein setiap kali makan, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.
Pilihlah sumber protein yang berkualitas tinggi.
Perhatikan porsi protein yang Anda konsumsi.
Jika Anda vegetarian atau vegan, pastikan Anda mendapatkan cukup protein dari sumber nabati.

Menjaga asupan protein yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan memperhatikan tanda-tanda kekurangan protein dan meningkatkan asupan protein, Anda dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook