Sukiman Mencuat Sebagai Kandidat Kuat dalam Pilgub Riau 2024

Iwan Ceper - Politik
Bupati Rohul, Sukiman saat menyambut kunjungan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto di Kabupaten Rohul beberapa waktu lalu.
Bupati Rohul, Sukiman saat menyambut kunjungan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto di Kabupaten Rohul beberapa waktu lalu.

Cakaplagi.com – Dinamika politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2024 semakin memanas dengan munculnya nama Sukiman sebagai salah satu calon potensial.

Sukiman, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Rokan Hulu (Rohul) dan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Rohul, dipandang memiliki peluang besar dalam kontestasi Pilgub Riau.

Hal ini diungkapkan oleh M Nizar, Wakil Ketua DPC Gerindra Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang juga tokoh masyarakat di daerah tersebut.

“Bapak Sukiman adalah sosok yang memiliki rekam jejak panjang di dunia birokrasi dan pemerintahan. Beliau memiliki kapasitas dan pengalaman yang mumpuni untuk memimpin Bumi Lancang Kuning,” ungkap Nizar pada Rabu (29/5/2024).

Nizar menjelaskan bahwa Sukiman telah dua periode memimpin Rohul, yaitu 2018-2021 dan 2021-2024. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Wakil Bupati Rohul selama dua periode, dari 2006-2011 dan 2011-2016, serta sempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rohul pada 2016-2017.

Selain itu, Bupati Rohul ini juga merupakan tokoh militer dengan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Arh (Purn). Ia pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0301/Pekanbaru dan Kodim 0314/Indragiri Hilir.

“Dari berbagai aspek, beliau sangat layak untuk maju. Pengalamannya sebagai bupati menunjukkan bahwa ilmu pemerintahan dan birokrasi beliau sudah teruji,” tambah Nizar.

Selain didukung oleh rekam jejak yang panjang, kepemimpinan Sukiman juga dikenal bersih dan berintegritas. Di bawah kepemimpinannya, Pemkab Rohul berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama delapan tahun berturut-turut. Prestasi ini diraih berkat komitmen Sukiman dalam menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Pengalaman yang dimiliki Sukiman, kata Nizar, juga mirip dengan Syamsuar, mantan Gubernur Riau 2019-2023 dan mantan Bupati Siak dua periode 2011-2019.

“Tidak ada bedanya dengan Pak Syamsuar, dimana beliau Bupati Siak dua periode. Jadi, tinggal meningkatkan dari kabupaten ke provinsi. Secara tidak langsung, Pak Sukiman sudah teruji dari semua aspek,” kata Nizar.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook