Syarifah Salma Itu Siapa? Ini Sosok Almarhumah Istri Habib Luthfi

Sabda Perkasa - News
Syarifah Salma, Istri Habib Luthfi bin Yahya
Syarifah Salma,Istri Habib Luthfi bin Yahya

Cakaplagi.com – Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri Habib Luthfi, meninggal dunia pada Selasa, 28 Mei 2024, di Rumah Sakit Budi Rahayu, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Beliau meninggal pada usia 66 tahun. Marilah kita kirimkan Al Fatihah dan mengenang profil serta sosok beliau.

Dari pernikahan dengan Habib Luthfi, Syarifah Salma dikaruniai lima orang anak: Habib Bahaudin al-Alawi bin Yahya, Syarifah Fatimah Ni’matuz az-Zainabi, Syarifah Ummu Hani, Syarifah Fatimah, dan Habib Muhammad Syarif Hidayatullah al-Huseini. Jenazah beliau akan dimakamkan di pemakaman keluarga di komplek Maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan.

Syarifah Salma dikenal sebagai istri yang setia, ramah, dan mudah bergaul dengan masyarakat. Ia lahir pada 10 November 1947 dan sejak menikah dengan Habib Luthfi, selalu mendampingi suami dalam berdakwah serta menjalankan tugas sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Selama hidupnya, Syarifah Salma selalu memberikan dukungan moral kepada Habib Luthfi dalam setiap aktivitas dakwah dan sosial. Ia dikenal sebagai sosok inspiratif bagi umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU).

Kepergian Syarifah Salma meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan masyarakat, terutama warga NU yang mengenal beliau sebagai tokoh perempuan yang dekat dengan masyarakat tanpa membedakan suku, ras, atau golongan.

Meski tidak dijelaskan secara rinci penyebab kematiannya, beberapa pihak mengungkapkan bahwa kondisi kesehatan almarhumah memang kurang baik dalam beberapa waktu terakhir.

Informasi mengenai wafatnya Syarifah Salma tersebar di grup Idaroh Aliyah Jatman dan telah dikonfirmasi oleh anggota Bendahara Jatman serta Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan.

Presiden Joko Widodo Melayat ke Rumah Duka Syarifah Salma Istri Habib Luthfi Yahya

Presiden Joko Widodo melayat ke rumah duka almarhumah Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri dari pendakwah dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi bin Yahya, di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu, 29 Mei 2024. Kepala Negara tiba di lokasi sekitar pukul 11.05 WIB.

Setibanya di rumah duka, Presiden Jokowi disambut oleh putra pertama Habib Luthfi bin Yahya, Habib Baha’udin Al-Alawi bin Yahya. Presiden sempat berbincang dengan perwakilan keluarga dan mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

Syarifah Salma meninggal dunia pada usia 66 tahun pada Selasa malam, 28 Mei 2024 di RS Budi Rahayu Kota Pekalongan, sekitar pukul 21.55 WIB. Almarhumah sering menemani suaminya dalam berdakwah dan menjalankan tugasnya sebagai anggota Wantimpres.

Jenazah Syarifah Salma akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Komplek Maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan, pada Rabu (29/5) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dalam takziah tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook