Tata Busana Tari Gambyong Surakarta Jawa Tengah

Sulistiyono - Hiburan
Tata Busana Tari Gambyong

Cakaplagi.com – Kamu sedang membutuhkan informasi tentang tata busana tari gambyong? Ini fesyen busana tari gambyong asal Surakarta Jawa Tengah.

Tari Gambyong adalah salah satu seni tari tradisional yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Tari ini merupakan salah satu tarian Jawa klasik yang masih populer hingga saat ini.

Tata busana tari Gambyong memiliki ciri khas yang unik dan sarat makna. Secara umum, fesyen tari Gambyong terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Kebaya

Kebaya adalah bagian yang paling utama dari fesyen tari Gambyong. Busana kebaya yang digunakan biasanya berwarna putih atau krem, dan terbuat dari bahan sutra atau katun. Kebaya dihiasi dengan bordir atau sulaman yang indah.

Batik

Batik adalah kain yang digunakan untuk menutup bagian bawah tubuh penari. Busana batik yang digunakan biasanya berwarna cerah, seperti merah, kuning, atau hijau. Pakaian batik dihiasi dengan motif-motif tradisional Jawa, seperti motif parang, kawung, atau sidomukti.

Selendang

Selendang adalah kain panjang yang digunakan untuk menyelempangi bahu penari. Sampur biasanya berwarna sama dengan batik yang digunakan. Selendang digunakan untuk memperindah penampilan penari dan juga untuk membantu penari dalam melakukan gerakan-gerakan tari.

Sanggul

Sanggul adalah hiasan rambut yang digunakan untuk menata rambut penari. Konde biasanya terbuat dari rambut palsu dan dihiasi dengan bunga-bunga atau perhiasan lainnya. Gelungan rambut digunakan untuk memperindah penampilan penari dan juga untuk membantu penari dalam melakukan gerakan-gerakan tari.

Ikat Pinggang

Ikat pinggang adalah hiasan yang digunakan untuk mengencangkan kain batik. Tali pinggang biasanya terbuat dari kain satin atau emas. Tali pinggang digunakan untuk memperindah penampilan penari dan juga untuk membantu penari dalam melakukan gerakan-gerakan tari.

Perhiasan

Perhiasan adalah hiasan yang digunakan untuk memperindah penampilan penari. Semarak yang digunakan biasanya berupa gelang, kalung, dan anting.

Perhiasan digunakan untuk memperindah penampilan penari dan juga untuk membantu penari dalam melakukan gerakan-gerakan tari.

Tata Busana Tari Gambyong

Tata busana tari Gambyong memiliki makna simbolis yang menggambarkan seorang perempuan Jawa yang anggun dan menawan.

Kebaya yang berwarna putih melambangkan kesucian dan keanggunan. Busana batik yang berwarna cerah melambangkan kebahagiaan dan kegembiraan.

Selendang yang berwarna sama dengan batik melambangkan keserasian dan keharmonisan. Konde yang dihiasi dengan bunga-bunga melambangkan keindahan dan keceriaan.

Ikat pinggang yang terbuat dari kain satin atau emas melambangkan kekayaan dan kemewahan. Perhiasan yang digunakan melambangkan keindahan dan keanggunan.

Fesyen tari Gambyong merupakan salah satu unsur penting yang mendukung keindahan dan keanggunan tarian ini. Tata busana tari Gambyong yang indah dan sarat makna menjadikan tarian ini semakin memukau dan menarik untuk disaksikan.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook