Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran 2024

Muhammad Zikri - Inspirasi
Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik

Cakaplagi.com – Apakah Anda dan keluarga berencana pergi mudik lebaran 2024? Jika iya, berikut ini tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Mudik lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu karena bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman saat hari raya Idul Fitri.

Bagi Anda yang ingin pergi mudik lebaran dalam waktu yang cukup lama, melakukan persiapan perjalanan mudik tentu tak boleh dilewatkan.

Jangan sampai karena lupa akan satu dan dua hal, momen mudik jadi terganggu karena rasa tak tenang. Untuk itu, yuk, simak tips aman meninggalkan rumah berikut ini.

Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik

Berikut 7 tips aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran 2024 agar terhindar dari bahaya pencurian, kebaran dan lainnya yang perlu Anda lakukan:

1. Lapor ke RT/RW dan Satpam

Beri tahu ketua RT/RW dan satpam kompleks bahwa Anda akan mudik dan rumah akan ditinggal kosong. Hal ini membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas mencurigakan di sekitar rumah.

2. Titipkan Rumah ke Tetangga/Kerabat Terpercaya

Mintalah tetangga atau kerabat terpercaya untuk sesekali mengecek kondisi rumah. Hal ini untuk memastikan rumah aman dan tidak ada kerusakan selama ditinggal mudik.

3. Matikan Aliran Listrik dan Gas

Matikan aliran listrik dan gas untuk menghindari korsleting dan kebocoran gas yang dapat membahayakan rumah. Cabut juga kabel elektronik untuk mencegah konsleting akibat sambaran petir.

4. Kosongkan Kulkas dan Dispenser

Kosongkan kulkas dan dispenser dari makanan dan minuman yang mudah basi. Hal ini untuk menghindari bau tidak sedap dan kebocoran air yang dapat merusak rumah.

5. Amankan Barang Berharga

Simpan barang berharga seperti perhiasan, uang, dan surat berharga di tempat aman, seperti brankas atau deposit box di bank. Jangan tinggalkan barang berharga di tempat yang mudah dijangkau.

6. Bersihkan Rumah dan Halaman

Bersihkan rumah dan halaman sebelum mudik untuk mencegah nyamuk dan hama berkembang biak. Hal ini juga untuk menjaga rumah tetap terlihat rapi dan tidak mengundang niat jahat.

7. Pasang CCTV (Opsional)

Jika memungkinkan, pasang CCTV di beberapa sudut rumah untuk memantau keadaan rumah secara real-time. Hal ini dapat membantu mencegah pencurian dan memberikan rasa aman selama mudik.

Dengan mengikuti tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran, Anda dapat meminimalisir risiko keamanan dan menjaga rumah tetap aman selama mudik Lebaran. Selamat mudik dan semoga perjalanan Anda lancar!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook