Tips Merawat AC Mobil Agar Tidak Keracunan Selama Perjalanan

Muhammad Zikri - Otomotif
Tips Merawat AC Mobil

Cakaplagi.com – Berkaca pada kasus keracunan ac mobil saat perjalanan mudik lebaran, alangkah baiknya simak tips merawat ac mobil berikut ini.

AC mobil merupakan salah satu fitur penting yang menunjang kenyamanan selama perjalanan. Namun, AC yang tidak dirawat dengan baik dapat menjadi sumber bahaya, salah satunya keracunan freon.

Maka dari itu, para pemilik mobil wajib tahu dengan tips perawatan rutin pada AC mobilnya. Semua itu bertujuan agar tetap dingin dan terhindar dari keracunan AC mobi.

Tips Merawat AC Mobil

Berikut tips merawat AC mobil agar terhindar dari keracunan selama perjalanan:

1. Periksa Filter AC Secara Rutin

Filter AC yang kotor dapat menyumbat aliran udara dan menyebabkan freon bocor. Periksa filter AC minimal 1 bulan sekali dan ganti jika sudah kotor.

2. Bersihkan Kondensor AC

Kondensor AC yang kotor dapat menyebabkan AC tidak dingin dan freon bocor. Bersihkan kondensor AC minimal 6 bulan sekali di bengkel terpercaya.

3. Periksa Tekanan Freon

Tekanan freon yang rendah dapat menyebabkan AC tidak dingin dan freon bocor. Periksa tekanan freon minimal 1 tahun sekali di bengkel terpercaya.

4. Gunakan Ventilasi Udara Seperlunya

Terlalu sering menggunakan ventilasi udara resirkulasi dapat meningkatkan kadar freon di dalam kabin. Gunakan ventilasi udara luar sesekali untuk menjaga kesegaran udara di dalam kabin.

5. Matikan AC Saat Mobil Berhenti

Mematikan AC saat mobil berhenti dapat membantu mencegah kebocoran freon. Matikan AC 5-10 menit sebelum mesin mobil dimatikan.

6. Hindari Parkir di Tempat Terbuka

Parkir di tempat terbuka yang panas dapat menyebabkan tekanan freon meningkat dan bocor. Parkir mobil di tempat teduh untuk menjaga suhu AC tetap stabil.

7. Servis AC Secara Berkala

Servis AC secara berkala di bengkel terpercaya dapat membantu mendeteksi dan mengatasi kerusakan pada sistem AC yang dapat menyebabkan keracunan freon.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga AC mobil tetap dingin dan terhindar dari keracunan freon selama perjalanan.

Tips tambahan:

  • Pastikan semua jendela dan pintu mobil tertutup rapat saat AC dihidupkan.
  • Jangan membawa makanan atau minuman yang mudah basi di dalam mobil.
  • Segera keluar dari mobil dan cari udara segar jika merasakan gejala keracunan freon, seperti pusing, mual, dan muntah.

Semoga tips ini bermanfaat!

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook