Video Caleg Nasdem Viral, Konten Negatif Bikin Resah Warganet

Iwan Ceper - Politik

Cakaplagi.com – Belakangan narasi video caleg nasdem viral menjadi keresahan bagi warganet. Konten negatif ini muncul beberapa waktu lalu di media sosial.

Video caleg nasdem viral adalah konten video negatif yang diperankan oleh seorang wanita yang memiliki ciri mirip dengan salah satu caleg dari partai nasdem.

Informasi yang bergentayangan di media sosial, sosok pemeran dalam video berdurasi 21 detik adalah seorang wanita yang kabarnya anggota muda partai nasdem.

Berkat konten yang menjadi viral di media sosial karena menampilkan aksi tak senonoh, belakangan muncul kabar anggota partai nasdem tersebut mengundurkan diri.

MRRH adalah seorang wanita muda yang belakangan disebut-sebut terkait dugaan video viral berdurasi 21 detik melakukan tindakan tak senonoh di depan kamera.

Sebuah video yang diduga memperlihatkan seorang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari Partai Nasdem Kupang viral di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak seorang wanita yang mengenakan pakaian mirip dengan seragam Nasdem sedang melakukan tindakan asusila.

Ulasan Video Calegl Nasdem Viral

Video viral 21 detik tersebut menampilkan foto MRRH bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTT dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Dalam video 21 detik yang viral tersebut merekam sosok MRRH yang mengenakan pakaian Nasdem tertulis calon legislatif nomor urut 4.

Setelah itu, muncul gambar tanpa busana atau telanjang yang diduga adalah MRRH yang sedang berada di kamar.

Video itu beredar luas di media sosial Facebook dan WhatsApp. Hingga saat ini, belum ada pihak terkait yang menjelaskan soal video itu, termasuk MRRH.

MRRH, mengundurkan diri setelah video tanpa busana yang diduga dirinya beredar luas di media sosial (medsos).

Informasi itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, Raymundus Sau Fernandes, kepada Kompas, Rabu (23/8/2023).

“Dia sudah mundur dari caleg (Calon legislatif) pada tanggal 19 Agustus 2023 lalu,” kata Raymundus, Selasa malam.

Menurut Raymundus, sebelum partai memberikan sanksi, perempuan yang maju dari daerah pemilihan Kota Kupang itu lebih dulu mengundurkan diri. Sehingga, saat ini MRRH bukan lagi anggota Partai Nasdem.

MRRH juga mundur dari posisinya sebagai staf di Kantor DPW NasDem NTT. Raymundus mengaku sudah memiliki kader yang akan menggantikan posisi MRRH.

“Karena statusnya baru masuk daftar calon sementara, maka masih bisa kita ganti kalau ada masalah. Saat ini sudah ada kader penggantinya,” ungkap Raymundus.

Caleg Nasdem NTT Mengundurkan Diri

Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur berinisial MRRH mengundurkan diri.

Keputusan itu diambil MRRH pasca Video tanpa busana miliknya beredar luas di media sosial, termasuk Facebook dan aplikasi percakapan WhatsApp.

MRRH merupakan caleg nomor urut 4 daerah pemilihan (Dapil) NTT 1 meliputi Kota Kupang. Namanya masuk Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, Raymundus Sau Fernandes mengungkapkan bahwa MRRH sudah mengungdurkan diri.

“Dia sudah mundur dari caleg pada tanggal 19 Agustus 2023 lalu,” sebut Raymundus Sau Fernandes ketika dikonfirmasi, Selasa 22 Agustus 2023.

Menurut Raymundus Sau Fernandes, sebelum partai memberikan sanksi, MRRH lebih dulu mengundurkan diri.

Mantan Bupati Timor Tengah Utara ini menegaskan bahwa saat ini MRRH bukan lagi anggota Partai NasDem. MRRH juga mundur dari posisinya sebagai staf di Kantor DPW NasDem NTT.

Raymundus Sau Fernandes mengaku sudah memiliki kader yang akan menggantikan posisi MRRH.

“Karena statusnya baru masuk Daftar Calon Sementara, maka masih bisa kita ganti kalau ada masalah. Saat ini sudah ada kader penggantinya,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebuah video berdurasi 21 detik yang menampilkan foto MRRH yang mengenakan pakaian NasDem tertulis calon legislatif nomor urut 4.

Setelah itu, muncul gambar tanpa busana yang diduga adalah MRRH yang sedang berada di kamar.

Video itu beredar luas di media sosial. Hingga saat ini, belum ada pihak terkait yang menjelaskan soal video itu, termasuk MRRH.

Penyebaran video tersebut telah menimbulkan polemik di masyarakat. Ada yang menilai bahwa video tersebut adalah upaya untuk menjatuhkan caleg Nasdem tersebut.

Namun, ada juga yang menilai bahwa video tersebut adalah bagian dari kampanye hitam menjelang Pemilu 2024.

Terlepas dari siapa yang bertanggung jawab atas penyebaran video tersebut, hal ini telah menjadi pelajaran bagi para caleg untuk lebih berhati-hati dalam menjaga citra diri. Sebagai calon wakil rakyat, mereka harus bisa menjaga nama baik partai dan lembaga yang mereka wakili.

Follow Berita CakapLagi di Google News + Facebook